5 Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Saku

Wednesday, August 2, 2017

5 Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Saku


5 Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Saku - Umumnya, mungkin anda akan menggunakan kamera DSLR atau SLR untuk mengambil foto makro (close up). Namun sayangnya untuk mendapatkan kamera jenis ini budged yang dibutuhkan pun cukup besar, terlebih lagi jika anda menginginkan lensa makro sebagai pengoptimal gambar.

Akan tetapi saat ini anda tak perlu khawatir lagi, sebab dengan menggunakan kamera saku pun anda bisa menghasilkan foto makro yang bagus. ya meskipun hasilnya tak akan semaksimal jika menggunakan kamera DSLR maupun SLR.


Nah beberapa tips ini mungkin akan membantu anda mendapatkan foto makro lebih maksimal dengan menggunakan kamera saku.

1. Mode makro
Saat ini fitur pada kamera saku sudah cukup beragam, dan salah satunya adalah fitur mode makro. Umumnya, mode makro ini dilambangkan dengan bunga.Setelah mengaktifkan mode ini, kemudian anda akan diberitahu untuk melakukan pemotretan pada titik fokus yang lebih dekat (biasanya pada setiap kamera saku akan memiliki jarak fokus dekat yang berbeda satu sama lain).
Pada mode makro inipun berarti kamera telah diatur pada aperture besar, sehingga objek foto akan jauh lebih fokus dan tajam dibanding dengan backgrondnya.

2. Gunakan tripot
Siapa bilang tripot hanya bisa digunakan untuk kamera DSLR atau SLR saja, anda pun dapat menggunakan tripot untuk pengambilan foto menggunakan kamera saku. Untuk pengambilan foto makro menggunakan kamera saku ini sendiri tripot berfungsi untuk menambah ketajaman foto.
Sebab dengan menggunakan tripot kamera akan lebih tenang dan tidak mudah goyang. Selain itu, tripot juga akan mempermudah anda dalam membangun komposisi serta sudut pemotretan yang lebih bagus.

3. Setting Apertur
Meskipun sudah dalam mode makro, namun beberapa kamera saku saat ini pun sudah dilengkapi pengaturan apertur pada mode makro. Nah jika kamera yang anda gunakan sudah memiliki fitur ini, maka buatlah pengaturan apertre terbesar yaitu f/x.Jika anda menginginkan objek yang fokus cukup luas maka lakukan pengaturan pada posisi f, sedangkan untuk objek dengan titik fokus sempit maka atur apertur pada posisi x. Untuk angka teraman sendiri yaitu pada f/4 atau f/5.6.

4. Fokus
Apabila kamera saku yang anda gunakan sudah didukung dengan pengaturan fokus manual, maka manfaatkanlah. Sebab dengan pengaturan fokus manual objek fokus akan lebih mudah didapat.
Nah biasanya, pada mode makro pengaturan fokus manual akan jauh lebih mudah dilakukan dibanding pada mode auto.

5. Komposisi
Sebenarnya untuk pengaturan komposisi yang bagus tidak hanya diperlukan untuk pengambilan foto makro. Hanya saja, untuk mendapatkan foto makro yang lebih sempurna dengan menggunakan kamera saku, maka komposisi background harus jauh lebih diperhatikan. Dimana anda sebaiknya memilih background yang simple sehingga penempatan fokus pada objek jauh lebih mudah.

Jadi, untuk menghasilkan foto yang bagus tak harus menggunakan kamera DSLR ataupun SLR bukan? asalkan anda pandai mengatur kamera dan mengambil moment yang pas maka foto yang dihasilkan pun tak kalah bagusnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Foto Makro Menggunakan Kamera Saku

0 comments:

Post a Comment