5 Teknik Foto Efek Starbust: Lampu Layaknya Bintang

Sunday, July 2, 2017

5 Teknik Foto Efek Starbust: Lampu Layaknya Bintang


5 Teknik Foto Efek Starbust: Lampu Layaknya Bintang  - Kemarin, kita telah membahas mengenai teknik memotret di malam hari. Kali ini, saya akan mengajak anda untuk menghiasi jepretan anda dengan hasil potretan malam hari dengan lampu yang nampak seperti bintang. Sangat baguskan? Untuk itu simak baik-baik yah, bagaimana cara membuat lampu tampak seperti bintang.

5 Teknik Foto Efek Starbust: Lampu Layaknya Bintang


1.    Siapkan Kamera
Menyiapkan kamera dan peralatan yang dibutuhkan sangatlah penting, hal ini perlu anda lakukan agar kegiatan anda dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, saat anda akan melakukan pemotretan anda tidak kebingungan dalam pengambilan gambar.

2.    Pilih Tempat
Memilih tempat pemotretan yang bagus merupakan hal yang penting, karena diharapkan dapat menghasilkan efek yang baik dan bagus. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang mempunyai banyak lampu, ataupun cahaya lampu. Agar nampak bintang yang berkilau dilangit lebih indah dan terang.

3.    Sett Kamera Anda
Mengatur ataupun menggunakan format dan fitur yang terdapat dalam kamera untuk membuat lampu nampak seperti bintang, merupakan hal yang cukup sulit. Oleh karena itu, anda perlu mengatur beberapa format yang ada di dalamnya, seperti:

·        Gunakan mode manual atau Aperture Priority, hal ini untuk mengatur dan menyusun komposisi bidikan objek. Sebaiknya anda mengatur aperture dalam bukaan lensa kecil. Agar objek bintang dapat nampak pada hasil jepretan anda. Jika aperture nya kecil berarti nilai F di kamera anda besar. Gunakanlah yang sesuai dan dapat menghasilkan ketajaman bintang yang banyak dan bagus,misalnya f/14 atau f/16.
·        Peluang dan resiko itu selalu berdampingan, seperti halnya dengan pengambilan nilai aperture besar dengan bukaan kecil, sangat beresiko akan hasil jepretan yang gelap total. Karena aperture berhubungan dengan shutter speed, yang jika hal tersebut tidak anda perhatikan akan membawa dampak buruk dan gagal misi anda. Oleh karena itu, tetapkan shutter speed anda lebih lambat.
·        Jika anda tidak mau mendapati bintik-bintik di frame hasil jepretan anda, maka sebaiknya anda matikan auto ISO. Sehingga anda harus mematikan fitur  auto ISO dan kemudian atur ISO ke nilai yang paling rendah. Jadi hasilnya dapat maksimal.
·        Gunakan manual fokus, karena agar dapat memudahkan dalam menentukan titik fokus cahaya dan objek yang akan anda jepret.
·        Pemakaian timer atau shutter release juga anda perlukan, agar kamera tidak bergoyang saat anda hendak mengambil gambar, sehingga gambar tidak blur ataupun buram.

4.    Gunakan Tripod
Penggunaan tripod ini dapat membantu meminimalisir getaran yang terjadi pada kamera. Apalagi kita menggunakan shutter speed yang lambat. Hal inijuga memudahkan anda, juga dapat menghemat tenaga anda dalam pengambilan gambar di malam hari agar lampu nampak seperti bintang. Jika anda tidak menggunakan tripod, anda akan sangat kesulitan, dan juga akan merasa kesal dan capek karena hasil jepretannya akan menjadi gambar yang abstrak.

5.    Lakukan Berulang kali
Jika anda menginginkan hasil yang maksimal, lakukanlah hal tersebut dengan berulang kali, agar anda benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal serta juga mengembangkan keahlian dan pengetahuan anda dalam memotret dengan membuat lampu nampak seperti bintang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Teknik Foto Efek Starbust: Lampu Layaknya Bintang

0 comments:

Post a Comment