5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Lensa

Sunday, July 30, 2017

5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Lensa


5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Lensa - Bagi seorang fotografer profesional, mungkin kamera dianggap tidak akan berfungsi maksimal tanpa penggunaan lensa. Yap, produk yang dijual terpisah dengan kamera ini memang menawarkan berbagai kelebihan pada hasil foto maupun video yang dihasilkan nantinya.

Saat ini pun jenis dan ragam lensa begitu beragam. Dan tentu saja semuanya memiliki kualitas dan harga yang berbeda. Nah bagi anda yang sedang mencari lensa, mungkin 5 pertimbangan ini akan membantu anda agar tidak salah membeli lensa.

5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Lensa


1. Lensa penentu kualitas dan opsi fotografi
Satu komponen pertama yang akan dilewati cahaya sebelum nantinya terbentuk di sensor adalah lensa. Jadi bisa dibilang jika kualitas lensa yang bagus akan sangat menentukan hasil sensor objek.
Namun sayangnya, body kamera yang bagus belum mampu menutupi kekuranganpenangkapan cahaya yang nantinya akan mengurangi kualitas foto. Oleh karena itu, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli lensa kualitas terbaik yang bisa anda beli.
Sebab untuk body kamera anda bisa menggantinya hingga berulang kali, namun untuk lensa anda bisa menggunakannya hingga body ganti berulang kali.

2. lensa kit untuk sementara
Dengan harga yang begitu murah, mungkin lensa kit begitu menggoda untuk anda beli sebab lensa ini sudah sepaket dengan bodynya. Nah bagi anda yang baru memulai mempelajari dan menekuni fotografi, mungkin lensa kita bisa jadi pilihan sementara yang bagus.
Ya, sebab setelah mahir dan paham dengan dunia fotografi mungkin anda akan segera mengganti lensa kit mengingat material dan kualitas optiknya yang cukup terbatas.

3. Kenapa lensa bagus mahal?
Satu pertanyaan yang mungkin sering kali mampir dalam benak anda, kenapa lensa dengan kualitas bagus pasti dibandrol dengan harga mahal? Jawabannya tentu karena material dan bahan kualitas terbaik yang digunakan pada lensa tersebut.
Terlebih lagi proses pembuatan lensa dengan kualitas terbaik ini menuntuttingkat ketelitian dan akurasi yang super ketat. Bahkan untuk menghasilkan satu lensa pun akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

4. Lensa murah dengan keterbatasannya
Sudah bukan hal aneh jika sebuah barang murah memiliki beragam keterbatasan, termasuk untuk lensa. Dimana keterbatasan lensa murah antara lain seperti aperture maksimal yang begitu kecil sehingga foto yang dihasilkan tidak begitu bokeh, optik yang terbatas sehingga gambar tidak tajam, dan beberapa kelemahan fisik lain semisal chromatic aberration dan vignetting.
Lensa dengan harga murah pun biasanya memiliki ketahanan fisik yang lemah, terlebih lagi saat digunakan terlalu sering.

5. Lensa bagus tahan lama
Tentu saja, selain menawarkan kualitas yang terbaik, lensa yang bagus dan rata-rata dibandrol dengan harga tinggi pasti akan memiliki daya tahan yang jauh lebih baik. Atau dengan kata lain lensa ini akan jauh lebih tahan lama.

Nah beberapa lensa yang terkenal akan keawetan dan kualitasnya adalah lensa buatan Zeiss atau Leica.

Jadi, sebelum membeli suatu barang pastikan anda memahami bagaimana kualitas barang tersebut lebih dahulu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Lensa

0 comments:

Post a Comment