Tips Dan Trik Fotografi Makanan Biar Tampak Lezat

Friday, June 16, 2017

Tips Dan Trik Fotografi Makanan Biar Tampak Lezat


Tips Dan Trik Fotografi Makanan Biar Tampak Lezat - Tak mudah lho untuk mengambil foto makanan biar tampak lezat. Ada permainan komposisi yang musti pas agar cita rasa makanan tersebut tercermir dalam sebuah jepretan. Salah sedikit saja, bisa-bisa makanan lezat jadi tak menarik. Makanya untuk mengasah kemampuan fotografi makanan butuh kejelian dan daya kreatifitas tinggi. Meski begitu, ada  tips yang bisa kamu aplikasikan biar foto makanan hasil jepretan kamu tanpa oke.


Tips Dan Trik Fotografi Makanan Biar Tampak Lezat
Tahap Fotografi Makanan

Pada gambar makanan akan tampak lezat jika pengambilan gambarnya sesuai dan menunjukkan kelezatan makanan. Sehingga akan meningkatkan keinginan konsumen untuk makan dan membeli makanan tersebut. tidak banyak yang tertipu antara gambar dan rasa dari makanan tersebut. Berikut tahapan memotret makanan agar tampak lezat.

1. Pencahayaan gambar
Pencahayaan pada saat mengambil gambar makanan harus dalam keadaan terang sehingga warna makanan akan lebih kelihatan dan membuat makanan akan terlihat lebih lezat. Gunakan sinar cayaha buatan atau sinar cahaya lampu, sorot dengan arah yang tepat pada sisi yang ingin kamu tampilkan dari makanan tersebut. Ingat, tidak semua sisi harus ditonjolkan.

2. Hiasan makanan
Buatlah hiasan makanan seindah dan semenarik mungkin sehingga makanan tersebut akan terlihat lebih lezat misalnya diberi garnis daun selada hijau, tomat, bawang goreng dan lain-lain menyesuaikan dengan makanannya. Yang pasti komposisi hiasan harus memenuhi unsur warna yang tepat. Makfaatkan warna hiasan hijau cerah atau merah.

3. Sudut pandang pengambilan gambar
Ambillah gambar sesuai dengan sudut pandang tercerah misalnya dari atas, dari atas sebelah kiki, kanan. Sesuaikan dengan pencahayaan. Apabila sudah terang hindari penggunaan flash agar tidak memantulkan cahaya baru. Di sini biasanya daya imaginatif sangat menentukan. Kalau tidak ya cobalah untuk memotret beberapa sisi dan pilih mana yang memiliki pencahayaan terbaik.

4. Kamera yang digunakan
Semakin tinggi resolusi dari suatu kamera maka akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Sehingga akan membuat makanan terlihat lebih cerah, lebih baik warnanya dan akan terlihat lebih lezat. Itu hukum dasarnya. Makin bagus makin berkualitas. Tetapi selain itu tentu unsur manusianya. Makin pandai memakai makin hebat pula kualitas gambar yang dihasilkan.

5. Fokus
Fokuskan kamera pada makanan agar makanan tersebut nambak lebih lezat. Pada saat mencari fokus memang tidaklah mudah harus menyesuaikan dengan pencahayaan dan warna dari makanan tersebut. Cobalah untuk memotret beberapa bagian. Jangan ragu untuk mengulanginya.

6. Gunakan permainan warna makanan
Yang paling penting dari teknik fotografi makanan adalah kemampuan menilai komposisi warna yang di hasilkan makanan. Tidak selalu makin rame makin tanpak lezat. Begitu pula sebaliknya. Hanya saja ada semacam teori psikologi, makanan selalu identik dengan warna merah terang. Warna tersebuh secara psikologi menarik minat seseorang untuk memakanya. Jadi jangan ragu gunakan warna ini.

Nah, itulah beberapa teknik dan tips fotografi makanan. Usahakan untuk selalu belajar. Peluang usaha di bidang fotografi makanan sangat terbuka lebar bagi siapa saja yang memiliki kualitas dibidang itu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Dan Trik Fotografi Makanan Biar Tampak Lezat

0 comments:

Post a Comment