Teknik Shutter Speed Kreatif pada Fotografi Landscape

Friday, June 2, 2017

Teknik Shutter Speed Kreatif pada Fotografi Landscape


Teknik Shutter Speed Kreatif pada Fotografi Landscape - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan foto landscape yang menarik. Bahkan hanya dengan mengubah parameter pada shutter speed bisa mendaptatkan foto yang berbeda dari biasanya. Sehingga foto menjadi lebih menarik.

Teknik Shutter Speed Kreatif pada Fotografi Landscape
Teknik Shutter Speed Kreatif

Permainan shutter speed pada foto landscape bisa menghasilkan berbagai hasil foto yang apik jika kamu memahami konsepnya dengan benar. Berikut adalah beberapa teknik shutter speed yang bisa Anda coba untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dan lebih kreatif, tentunya.

1. Shutter Speed super lambat untuk memotret air terjun
Anda bisa mengatur shutter speed dalam keadaan f/22; 2,5 detik; ISO 100, 22m atau f/22; 1 detik; ISO 100, 22m. Dengan mengatur shutter speed seperti itu, Anda akan mendapatkan foto air terjun yang terluhat seperti kumpulan gumpalan awan yang berada di sekitar bebatuan. Bisa juga Anda bayangkan sebuah kapas halus yang menjulang tinggi ke bawah. Benar-benar indah jika dibandingkan dengan mengatur shutter speed dalam kecepatan tinggi atau standar. Hanya ada air yang mengalir saja. teknik ini juga bisa Anda terapkan untuk aliran sungai. Untuk itu, segeralah cari aliran sungai atau air terjun yang bersih dan bebas dari sampah.

2. Membuat jejak lampu
Jejak lampu pada jalanan tidak kalah keren untuk difoto. Cobalak untuk mengatur shutter speed pada parameter lambat. Anda akan mendapatkan foto jejak lampu yang terlihat seperti garis-garis cahaya. Anda bisa mengatur shutter speed dalam keadaan f/16, 30 detik, ISO 100, 35mm. Untuk mendapatkan hasil foto jejak lampu yang keren dan kreatif pilihlah jalanan yang memiliki penerangan remang dan hindari jalanan yang macet. Karena jalanan macet tidak akan menghasilkan foto jejak lampu yang menarik.

3. Membekukan gerakan ombak
Jika kedua teknik di atas menggunakan shutter speed pada kecepatan rendah maka untuk memotret gerakan ombak Anda bisa mengatur shutter speed dalam tingkat yang sangat tinggi. Misal,  f/3.5, 1/1600 detik, iso 100, 190mm atau menggunakan tingkat shutter speed paling cepat yang Anda punya. Dengan begitu Anda bisa menangkap aliran ombak seolah beku. Bagai bongkahan es atau tembok yang terbuat dari air. Mirip istana yang dibuat oleh elsa dalam serial frozen.

4. Teknik Panning dan Zooming pada benda bergerak
Untuk teknik ini, Anda bisa mengatur shutter speed dengan kecepatan 1 detik hingga 5 detik. Cobalah pada pohon yang diterpa angin. Atau benda apapun yang bergerak yang menarik perhatian Anda. Menggunakan teknik ini juga bisa meningkatkan kreatifitas Anda dalam memotret hingga menentukan tingkatan shutter speed seberapa yang cocok untuk objek foto Anda.

Selamat mencoba memotret objek dengan teknik shutter speed pada foto landscape. Jangan pernah menyerah untuk bisa menghasilkan foto yang keren.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Shutter Speed Kreatif pada Fotografi Landscape

0 comments:

Post a Comment