4 Teknik Fotografi Outdoor Bagi Fotografer Pemula

Wednesday, June 28, 2017

4 Teknik Fotografi Outdoor Bagi Fotografer Pemula


4 Teknik Fotografi Outdoor - Apa Anda tertarik untuk melakukan pemotretan outdoor? Pastinya sudah ada berbagai tempat yang bisa dijadikan lokasi foto. Selain lokasi, ada yang perlu Anda perhatikan agar menghasilkan foto yang bagus dan indah di pandang.



1. Lokasi

Lokasi foto memberikan efek penting dalam sebuah foto. Apalagi tempat-tempat favorit akan memberikan kesan-kesan tertentu dalam foto. Jika Anda sudah menentukan lokai foto, Anda bisa melakukan foto beberapa kali untuk mengecek kualitas cahaya di lokasi tersebut. Karena pencahayaan sangat penting dalam pemotretan.

2. Pencahayaan

Selain lokasi, pencahayaan perlu diperhatikan agar foto yang dihasilkan memuaskan. Ada dua pilihan pencahayaan yang bisa Anda gunakan. Pencahayaan alami berupa sinar matahari atau flash kamera. Kedua pencahayaan tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Jika menggunakan flash kulit model dalam foto akan tampak lebih cerah, mulus dan rata. Meenggunakan pencahayaan alami juga tak kalah menarik, foto yang dihasilkan terlihat lebih natural, menyatu dengan alam. Tapi ada yang perlu Anda perhatikan saat menggunakan pencahayaan natural yaitu arah datangnya sinar matahari agar model foto tidak terlalu gelap. Bisa juga menggunakan pencahayaan matahari untuk mengambil foto siluet yang beberapa lalu sempat ngetren di media sosial. Untuk mendapatkan foto yang bagus saat menggunakan pencahayaan alami dapat dilakukan saat pagi dan sore hari ketika matahari belum terlalu tinggi berada di atas kepala.

3. Jarak antar model dan tentang background

Melakukan pemotretan di outdoor memberikan keleluasan Anda untuk mengeksplorasi background. Apalagi background tersebut bisa langsung digunakan tanpa harus mengeset. Anda hanya perlu mengatur sudut pandang dan model beraksi di depan kamera. Salah satunya adalah jarak antar objek foto. Hindari jarak antar objek yang terlalu rapat atau terlalu renggang. Meski ingin menampilkan background alam yang indah dan menakjubkan tapi fokus kamera tetap berada pada objek foto berupa model. Karena pada dasarnya lokasi yang Anda jadikan background hanyalah pelengkap untuk foto Anda.

4. Risiko

Berbeda dengan pemotretan indoor yang tak perlu khawatir jika cuaca berubah. Pemotretan masih bisa berjalan meski hujan disertai petir, angin kencang atau sinar mentari yang menyengat tak perlu diperhitungkan. Tapi jika Anda melakukan pemotretan outdoor, risiko-risiko tersebut bisa Anda temui. Apalagi saat ini tak ada yang bisa menebak bagaimana kondisi alam. Untuk itu Anda perlu membawa persiapan berupa plastik atau benda anti air lainnya untuk melindungi kamera Anda. Pemotretan saat hujan turun juga bagus. Yang terpenting berhati-hati.

Mempersiapkan baterai dan kartu memori lebih juga diperlukan. Mungkin saja Anda menemukan objek foto yang menarik dan membuat Anda lupa waktu.

Itu adalah beberapa teknik fotografi yang bisa Anda terapkan pada pemotretan outdoor. Semoga hasilnya mantap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Teknik Fotografi Outdoor Bagi Fotografer Pemula

0 comments:

Post a Comment