Teknik Foto PanningYang Musti Kamu Tahu

Tuesday, May 23, 2017

Teknik Foto PanningYang Musti Kamu Tahu


7 Teknik Foto PanningYang Musti Kamu Tahu - Panning merupakan teknik memfoto pada obyek yang bergerak, dimana obyek yang bergerak tersebut akan dijadikan gambar yang bagus. Biasanya teknik ini banyak dilakukan dalam pengambilan foto news atau sport. Oleh karena itu memerlukan keahlian atau teknik khusus tersendiri, untuk mengambil gambar yang bergerak. Agar foto panning dapat memperoleh hasil yang baik, maka ada beberapa teknik yang dapat saudara lakukan, antara lain sebagai berikut:


1.  Siapkan kamera  dan posisikan kamera
Tentunya sebelum anda mengambil gambar, anda harus menyiapakn alat utamanya terlebih dahulu, yaitu kamera. Setelah anda menyiapkan kamera, anda harus menempatkan atau mengatur posisi kamera sesuai dengan target atau objek. Biasanya objek yang kita targetkan memiliki gerakan yang cepat. Oleh karena itu kita harus mengatur posisi kamera dengan benar.

2.  Buat  mode shutter priority
Dalam foto panning, anda juga perlu mengatur shutter priority atau shutter speed. Dimana kita harus menyesuaikan shutter speed kita sesuai dengan kecepatan objek yang akan kita jepret. Pada teknik ini kamu dapat mengatur shutter speed lebih rendah dari yang biasa anda gunakan. Misalnya 1/30 sec, 1/60 sec dan sebagainya. Ketika mengtur shutter speed hal yang perlu anda ingat adalah tergantung pada kondisi cahaya dan kecepatan objek yang bergerak.

3.  Atur autofokus atau manual fokus dengan benar
Teknik lainnya yang perlu anda ingat ketika akan memfoto dengan panning, anda harus mengatur autofokus kamera anda. Ini digunakan karena kita harus terus mengikuti pergerakan objek  dari posisi satu ke posisi lainnya. Hal ini dilakukan agar hasil jepretan yang kita tangkap dapat jelas tertangkap ataupun tidak blur.

4.  Seimbangkan gerakan lensa dan kamera
Ketika anda akan melakukan  foto panning, anda juga diharuskan dapat mengerakan lensa dan kamera dengan seimbang. Hal ini, untuk memudahkan anda mendapatkan objek yang tepat sasaran dan gambar yang berkualitas baik.  Caranya dengan arahkan kamera kepada objek, tekan tombol shutter release untuk mencari fokus, lakukan hal ini dengan lembut agar menghasilkan foto yang menarik dan bagus.

5.  Gunakan flash
Jika anda dalam melakukan foto panning, ingin menghasilkan gambar dengan efek  blur yang bagus dan menarik. Anda dapat megngunakan flash. Namun, anda harus benar-benar pandai dalam mengkombinasikan kecepatan cahaya dengan baik, jika hal tersebut berhasil. Maka gambar yang didapatkan akan memiliki efek blur yang menarik.

6.  Atur objek dalam frame yang luas
Bagi pemula yang masih belajar, anda akan merasa kesulitan dalam menangkap gambar dengan hasil yang utuh atau tidak menjadi gambar yang hanya separuh. Untuk itulah buatlah foto panning dengan menempatkan objek dalam frame yang cukup luas. Atau jangan terlalu membuat zoom yang berlebih pada objek, kerena hal ini dapat di atasi dengan melakukan crop di akhir nanti.

7.  Gunakan monopod
Membuat foto panning, mengharuskan anda untuk menggerakan kamera ke kanan ataupun ke kiri mengikuti objek. Bagi pemula yang mengalami kesulitan, bisa di atasi dengan bantuan, monopod ataupun tripod dan sejenisnya yang dapat berputar. Namun, jika anda tidak memilikinya, hal yang terpenting adalah anda dapat menjaga posisi kamera anda dengan sejajar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Foto PanningYang Musti Kamu Tahu

0 comments:

Post a Comment