10 Rahasia Teknik Foto LevitasiYang Patut kamu Coba

Tuesday, May 2, 2017

10 Rahasia Teknik Foto LevitasiYang Patut kamu Coba


Teknik foto levitasi merupakan teknik yang dilakukan dalam mengambil gambar dengan hasil jepretan objek yang melayang diudara. Dalam teknik ini, yang menjadikan kesan unik yaitu objek tersebut nampak melayang di udara. Oleh karena itu, ada beberapa teknik yang kiranya dapat anda terapkan dalam melakukan pengambilan gambar foto levitasi, antara lain sebagai berikut:


10 Rahasia Teknik Foto LevitasiYang Patut kamu Coba
1. Siapkan konsep terlebih dahulu
Ketika anda akan melakukan foto levitasi, hal yang perlu anda buat pertama kali adalah membuat konsep foto tersebut. Hal ini dilakukan agar foto levitasi dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang bagus. Karena jika anda tidak mengkonsepnya terlebih dahulu, ini akan membuat anda bingung sehingga mempengaruhi hasil yang nantinya akan anda peroleh.

2. Membutuhkan bantuan orang lain
Dalam melakukan foto levitasi, anda tidak dapat melakukannya dengan sendirian. Artinya, anda membutuhkan bantuan orang lain. Orang dalam hal ini bisa teman, kekasih ataupun orangtua yang mungkin dapat mengambilkan foto dengan teknik levitasi.

3. Pilih waktu yang tepat
Kondisi ataupun suasana dalam foto levitasipun menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas gambar. Sebaiknya anda melakukan foto levitasi ini dalam suasana yang tenang dan terang. Sehingga mampu menghasilkan gambar yang bagus dan jelas, sesuai dengan yang anda harapkan.

4. Atur mode eksposur
Dalam teknik inipun kita harus mengatur shutter priority, karena kita harus melakukan penjepretan dengan cepat dan tepat. Oleh karenanya, kita membutuhkan pengaturan shutter yang sesuai. Agar model dalam foto juga dapat tertangkap seperti melayang di udara dengan nyata.

5. Ubahlah settingan dalam “drive mode”
Mengubah dalam drive mode ini sebagai jalan untuk mempermudah anda, ketika dalam melakukan penjepretan objek yang melayang. Dalam teknik ini membutuhkan angel yang rendah serta pencahayaan yang cukup. Angel yang rendah dapat menghasilkan efek gambar melayang tinggu di udara.

6. Beri aba-aba yang jelas
Ketika anda sebagai pemotret ataupun pengambil gambar, sebaiknya anda memberikan aba-aba yang jelas kepada si model. Hal ini dilakukan agar antara keduanya dapat sinkron serta meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Oleh karena itu pemberian aba-aba sangat penting dalam teknik foto levitasi ini.

7. Lakukan adegan sesuai konsep
Anda sebagai model, kerjakanlah tugasnya sesuai yang terkonsep sebelum pengambilan gambar. Sehingga background dan alur cerita dalam foto ini dapat tertangkap dengan jelas dan menjadi hasil jepretan yang masuk akal. Maka jangan sekali-kali anda keluar dari konsep yang telah direncanakan yah…

8. Usahakan dapat menjangkau bayangan
Ketika dalam foto panning kita juga disarankan agar dapat menjangkau bayangan, dengan kata lain kita membutuhkan ruang gerak yang luas. Begitu pula dalam teknik foto levitasi, anda harus benar-benar menjangkau bayangan. Hal ini dilakukan agar hasil yang kita peroleh dengan real.

9. Atur shutter speed
Tinggi rendahnya shutter speed ini akan mempengaruhi kualitas foto dengan hasil yang blur ataupun jelas. Jika objek yang tertangkap blur, sebaiknya kita rendahkan shutter speed kita. Namun, jika objek yang kita tangkap tidak blur maka kita tidak perlu mengatur shutter speed.

10. Lakukan adegan berulang-ulang
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dan model anda harus melakukan adegan yang telah terkonsep dengan berulang-ulang. Sehingga ketika, anda belum cukup puas dengan gambar yang didapatnkannya, anda dapat mencari gambar yang lain yang lebih ngena dengan konsep anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Rahasia Teknik Foto LevitasiYang Patut kamu Coba

0 comments:

Post a Comment