Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tidak Tajam

Sunday, February 12, 2017

Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tidak Tajam


Inilah Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tidak Tajam? - Mengapa hasil foto objek masih belum tajam? Pertanyaan itu banyak diajukan oleh orang-orang yang sedang belajar fotografi, atau fotografer pemula. Mereka mengeluhkan akan hasil jepretannya yang masih kurang tajam. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus memahami terlebih dahulu alasan atau penyebab hasil fotografi kita masih belum tajam tersebut. Berikut jawabannya :


Alasan penyebab hasil foto masih belum tajam :

1. Kecepatan Shutter Speeed
Belajar fotografi memang susah-susah gampang, apalagi bagi yang belum pernah memegang kamera. dalam dunia fotografi ada aturan yang penting harus diperhatikan yakni tidak diperbolehkan untuk menggunakan shutter speed yang lebih lambat dari 1/panjang focal. Seperti saya contohkan berikut ini, ketika kita memotret menggunakan lensa dengan panjang 50mm, sebaiknya untuk menggunakan shutter speed sebesar 1/60 atau lebih cepat lagi. Dan anda juga harus memegang kamera dengan stabil tidak begoyang. Begitu juga ketika anda menggunakan lensa yang lebih panjang, seperti lensa tele anda harus menggunakan kecepatan diatas 1/250 atau melebihi panjang tele yang anda gunakan.

2. Pergerakan Objek
Setelah itu anda harus memperhatikan pergerakan dari objek yang anda ambil. Anda harus membedakan perlakuan menggunakan teknik fotografi terhadap objek bergerak dan objek diam. Sebagi contoh : anda harus bisa membedakan perlakukan teknik mengambil gambar terhadap mengambil gambar mobil parkir, dan terhadap mobil yang sedang berjalan. Karna ini akan mempengaruhi ketajaman hasil foto nanti.

3. Wide Open
Penggunaan lensa secara umum memiliki titik kelemahan, yakni ketika memotret menggunakan lensa jangan menggunakan aperture yang besar, karena buka  hasil foto yang tajam kita dapatkan justru hasil foto kita akan terlihat kurang tajam.

4. Penggunaan ISO
Penggunaan ISO yang terlalu tinggu juga memiliki kelemahan, yakni beresiko akan menghasilkan foto yang noise tinggu juga. Namun saat ini kamera terbaru telah mendukung dalam hal menyembunyikan ISO meskipun tidak bisa benar-benar disembunyikan. Kemampuan itupun hanya dimiliki oleh kamera yang dijual dengan harga mahal, nah untuk kamera yang murah tidak memiliki dukungan tersebut, sehingga mengharuskan kita tetap memperhatikan dalam hal penggunaan ISO.

5. Pencahayaan
Kondisi pencahayaan terhadap objek yang sedang kita ambil juga akan mempengaruhi ketajaman hasil fotografi kita. Jadi untuk mendapatkan hasil fotografi yang tajam dan memiliki kualitas yang baik kita harus memperhatikan komposisi pencahayaan yang ada. Gunakan flash ketika pencahayaan pada objek terasa rendah atau tidak cukup untuk memberikan pencahayaan pada objek.
Nah itulah tadi penyebab mengapa hasil foto masih belum tajam dan hal-hal yang harus kita perhatikan untuk mendapatkan hasil foto yang tajam. Semoga bermanfaat 😊

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab dan Solusi Kenapa Hasil Foto Tidak Tajam

0 comments:

Post a Comment