Pencahayaan dalam Fotografi Profesional

Monday, February 6, 2017

Pencahayaan dalam Fotografi Profesional


Berbagai Macam Pencahayaan dalam Fotografi Profesional - Dalam dunia fotografi, pencahayaan adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh kalian khususnya kalian yang sedang mempelajari dunia fotografi, karena sebagus apapun objek ataupun subjek fotografi jika pencahayaannya kurang baik maka hasil foto pun tidak akan maksimal. Untuk mengathui berbagai macam cahaya dalam fotografi, kami akan paparkan untuk kalian berikut ini :



1. Back Lighting
Pertama, adalah back light, yang artinya adalah arah cahaya datang berasal dari belakang sehingga cahaya akan terkena objek foto barulah kemudian menuju kamera yang kita gunakan. Pencahayaan ini biasa digunakan untuk memperoleh hasil foto siluet.

2. Side Lighting
Side Lighting artinya adalah arahnya cahaya datang dari samping objek yang akan kita ambil. Pencahayaan tipe ini akan memberikan hasil shadow pada objek foto. Pencahayaan tipe ini sering digunakan untuk menghasilkan foto flare dramatis.

3. Ambient Light
Cahaya yang berasal dari lingkungan, yang tidak dimaksudkan untuk memberikan pencahayaan terhadap objek yang akan kita ambil adalah arti dari tpencahayaan tipe ambient light. Tipe cahaya ini akan mengahasilkan hasil foto yang berkesan romantis.

4. Rim Lighting
Rim Lighting adalah arah datangnya cahaya dari sudut 135 derajat terhadap kamera. kekuatan outline hasil fotografi akan menjadi terlihat dominan. Tipe pencahayaan ini sering digunakan untuk menghasilkan foto art, naturm dan wildlife.

5. Difusi
Pencahayaan yang cahayanya tersaring. Tipe pencahayaan ini merupakan cahaya buatan yang berasal dari flash yang pada ujungnya tertutup oleh diffuser yang akan menghasilkan cahaya yang lembut. Dengan pencahayaan tipe ini akan menghasilkan hasil fotografi yang tampak lebih bersih dan putih, cocok digunakan untuk foto potrait.

6. Cahaya Pantulan
Bounce light adalah kata lain dari pencahayaan tipe ini, terlihat dari namanya, tipe pencahayaan ini diperoleh dari proses pemantulan cahaya guna menerangi objek fotografi, pantulan dibuat untuk memperoleh hasil foto yang tak banyak cahaya dan terlihat elegant.

7. Artificial Light
Tipe cahaya ini berasal dari pencahayaan yang sengaja dibuat untuk memberikan penerangan terhadap objek fotografi. Banyak macam jenisnya tipe ini, dari pencahayaan buatan dari flashm lampu stobe, cahaya studio, ataupun cahaya buatan lainnya yang memang sengaja dibuat.

8. Nature Light
Nature light merupakan pencahayaan yang diperoleh dari cahaya alami yang ada, cahaya alami yang adalah hanya ada satu sumber, yakni cahaya matahari, warna yang dihasilkan oleh pencahayaan bertipe nature light sangat baik dan banyak digunakan oleh fotografer baik profesional maupun pemula, pasalnya akan menghasilkan foto yang natural dan warna lebih detail.

Itulah beberapa macam, pencahayaan dalam dunia fotografi yang harus kamu ketahui. Dalam dunia fotografi pencahayaan adalah hal yang sangat mempengaruhi hasil fotografi, untuk itu pelajari dan gunakan sesuai dengan kebutuhan pencahayaanmu sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pencahayaan dalam Fotografi Profesional

0 comments:

Post a Comment