Angle Fotografi yang Wajib untuk Kita Pelajari

Thursday, February 16, 2017

Angle Fotografi yang Wajib untuk Kita Pelajari


Angle Dalam Fotografi yang Wajib untuk Kita Pelajari - Keindahan sebuah hasil pengambilan foto salah satunya faktornya adalah karena sudut atau angle dalam pengambilan foto. Bagi seorang fotografer profesional angele dalam fotografi merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan, pasalnya angle dalam sebuah hasil foto dapat memperkuat ataupun melemahkan dalam penyampaian pesan dari sebuah foto yang dihasilkan. Untuk itu kami akan berikan sedikit pemahaman akan Angle dalam fotografi yang harus diperhatikan. Simak dengan baik agar anda dapat mencerna maksud penyampaian kami.


Terdapat lima angle dalam fotografi yang penting untuk diipelajari :

1. Eye View
Engle pertama yang akan kita pelajari adalah “Eye View” atau pengambilan foto dimana objek yang akan kita ambil sejajar dengan kamera. Penggunan engle eye view disini dimaksudkan untuk memberikan fokus terahadap sebuah objek fotografi. Angle yang kita pelajari bersama ini sering digunakan dalam pengambilan foto portait terhadap sebuah objek foto. Seperti : pengambilan foto sebuah kota, aktivitas manusia, atau maupun pengambilan foto lingkungan.

2.  Low Angle
Engle yang kedua adalah Sudut pengambilan foto dimana kamera atau lensa lebih rendah dari objek yang akan diambil, atau dikenal dengan Low Angle. Penggunaan sudat pengambilan foto yang satu ini memiliki maksud untuk memberikan nilai elegan dan megah terhadap sebuah objek fotografi. Engle ini sering digunakan dalam pengambilan objek fotografi seperti bangunan, mobil, ataupun objek lainnya yang diambil dengan tujuan untuk memberikan efek elegan dan megah. Foto komersial sering menggunakan engle yang satu ini.

3. High Angle
Engle yang ketiga adalah sudut pengambilan foto dimana kamera atau lensa berada lebih tinggi dari suatu objek yang akan diambil foto. Penggunaan sudut pengambilan foto yang satu ini dimaksudkan untuk memberikan kesan terlihat kecil atau minimalis terhadap sebuah objek foto yang akan diambil. Sudut yang ketiga ini sering digunakan untuk pengambilan foto seperti objek keramaian untuk memperlihatkan kesan yang menyeluruh terhadap sebuah objek. Seperti misalnya pengambilan dalam objek keramaian demo, keramaian pasar, atau objek lainnya.

4. Bird Eye
Sedangkan angle yang ke empat disini, agak mirip dengan angle foto yang ketiga. Namun dalam engle yang ke empat ini cakupan objek yang diambil lebih luas. Seperti Landscape sebuah perkotaan atau lingkungan sekitar.

5. Frog Eye
Terlihat dari namanya, Frog Eye, sudut pengambilan foto yang satu ini mengadopsi dari penglihatan seekor katak, posisi lensa atau kamera berada sejajar dengan tanah. Engle yang satu ini cukup unik karena mengharuskan fotografer merangkak atau bahkan tiarap ditanah untuk mendapatkan sebuah objek. Namun hasil yang akan dihasilkan memang sangat baik dan terlihat futuristic untuk sebuah foto.

Nah demikian pembahasan mengenai angle atau sudut pengambilan dalam fotografi yang penting untuk kita pelajari. Semoga bermanfaat 😃

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Angle Fotografi yang Wajib untuk Kita Pelajari

0 comments:

Post a Comment