3 Teknik Dasar Fotografi Pemula

Thursday, February 2, 2017

3 Teknik Dasar Fotografi Pemula


3 Teknik Dasar Fotografi Pemula - Belajar menjadi seorang fotografer memang susah susah gampang, namun jika kita mau berusaha untuk mempelajari teknik dasar fotografi, ada beberapa teknik dasar fotografi yang mesti dipelajari bagi anda yang ingin menjadi fotografer profesional, ada 3 teknik dasar dalam fotografi yang mesti dipelajari diantaranya :

1. Aperture
2. ISO
3. Shutter Speed
Untuk mempermudah belajar kita saat ini, kami akan berikan beberapa kasus yang berkaitan dengan 3 hal tersebut :

1. Foto dengan POI Fokus serta Background yang Blur
Pengambilan objek POI atau Poin Of Interest dan background blur adalah pengambilan gambar yang sering dilakukan oleh fotografer baik fotografer profesional maupun fotografer pemula, kita harus tau bahwa yang menentukan background blur atau tidak adalah aperture atau yang sering dikenal dengan bukaan besar dari f/5.6 – f/1.4. ketika bukaan semakin besar maka kedalaman atau DOF akan semakin sempit dan background objek akan semakin blur. Catatan : besarnya bukaan bergantung pada penggunaan lensa kamera yang digunakan.

2. Objek yang fokus pada pengambilan gambar bergerak.
Dalam kasus ini hal yang akan kita pelajari adalah Shutter Speed atau kecepatan rana. Shutter Speed merupakan hal yang menjadi penentu utama kefokusan objek saat diambil. Ketika kita hendak mengambil objek foto bergerak pastikan shutter speed berkisar antara 1/1000s – 1/500s, dan hal ini bergantung dengan kecepatan gerakan objek yang kita ambil. Jika shutter yang kita set lebih rendah maka dipastikan objek akan blur atau POI. Catatan : ketika kita hendak men set shutter speed 1/1000smaka kita harus memastikan bahwa kondisi pencahayaan objek cukup karena jika kondisi pencahayaan kurnag baik atau redup akan membuat hasil foto menjadi gelap.

3. Foto Kualitas Terbaik
Terakhir, banyak orang apalagi fotografer pemula menginginkan untuk mendapatkan hasil foto yang memiliki kualitas terbaik. Jika anda menginginkan untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas baik, agar tidak mendapatkan foto yang berbintik, atau noise, usahakan untuk menggunakan ISO serendah mungkin, jika anda menggunakan ISO yang paling tinggi maka hasil foto akan terlihat sangat tidak jelas dan kacau. ISO dapat anda gunakan ketika akan mengambil objek foto di tempat yang minim cahaya karena memang itu tujuan dari penggunaan ISO. Jadi bijaklah dalam menggunakan ISO tinggi  atau rendah, karena akan mempengaruhi hasil foto yang kita ambil.

Ketika hal mendasar tersebut adalah saling melengkapi, dan memberikan efek kompensasi antara satu sama lain. Bagi anda yang sedang belajar dalam dunia fotografi sangat dianjurkan untuk mempelajari ketiga hal tersebut. Lakukan percobaan percobaan kecil berulang agar anda dapat memahami teknik dasar fotografi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Teknik Dasar Fotografi Pemula

0 comments:

Post a Comment