Tips Memilih Jenis Kamera Digital DSLR Bagi Pemula

Saturday, January 28, 2017

Tips Memilih Jenis Kamera Digital DSLR Bagi Pemula


Tips Memilih Jenis Kamera Digital DSLR Bagi Pemula. Dunia fotografi sekarang ini semakin banyak digemari oleh banyak orang. Baik itu fotrografi amatir maupun profesional. Hal tersebut terjadi tidak lain, tidak bukan karena akibat perkembangan global yang semakin modern. Trend digital sekarang ini mulai menggantikan trend sebelumnya dihampir semua aktivitas. Dalam dunia fotografi jenis kamera yang ada semakin beragam, baik untuk amatir, semi profesional maupun profesional. Untuk orang yang memiliki pasion fotografi yang cukup bagus, pilihannya adalah kamera digital DSLR karena hasilnya yang cukup bagus dibandingkan dengan kamera lainnya. Namun bagi pemula untuk memilih jenis kamera DSLR yang tepat, bagus, memang bukanlah hal yang mudah. Nah untuk itu kami akan berikan beberapa tips bagi anda pemula yang akan membeli kamera Digital DSLR sebagai penyokong hobi anda.

Tips Memilih Jenis Kamera Digital DSLR Bagi Pemula


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pemula yang hendak membeli kamera Digital DSLR, sebagai berikut :

1. Budget
Bagi anda yang masih pemula, pilihlah kamera digital DSLR dengan harga yang tidak terlalu mahal. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Dan dari kamera digital DSLR pertama anda, anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu tentang fotografi. Sehingga ketika nanti anda telah cukup handal dalam menghasilkan setiap jepretan anda bisa upgrade ke kamera digital DSLR yang memiliki spec lebih tinggi.

2. Sensor
Banyak sekali variasi ukuran sensor yang ditawarkan masing masing produsen kamera digital DSLR. Namun pada umumnya variasi ukuran sensor kamera digital DSLR terbagi menjadi 3 kategori, Four-Thirds, APS-C, dan Full Frame. Four-Thirds merupakan merupakan sensor kamera dengan ukuran paling kecil diantara ketiganya, dan sensor yang satu ini sekarang sedang menjadi trend karena ukurannya yang kecil sehingga mudah atau fleksibel untuk dibawa kemana saja. Kategori kedua APS-C merupakan sensor kamera yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan kategori pertama, dan kategori ketiga adalah
kategori pertama Full Frame, terlihat dari namanya saja full frame sensor yang satu ini memiliki ukuran yang sama dengan ukuran film analog, sehingga apa yang terlihat didalam view finder sama dengan hasil jepretan nantiny tanpa andanya pemotongan atau crop pada hasil jepretan.

3. Model dan Ukuran
Kamera digital DSLR memang memiliki ukuran yang rata-rata cukup besar dan berat jika dibandingkan dengan kamera digital biasa. Namun saat ini ada pula sudah jenis kamera digital DSLR dengan ukuran dan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan kamera digital DSLR pada umumnya. Ini bisa menjadi pertimbangan buat anda.

4. Fitur
Resolusi kamera digital DSLR dapat menjadi pertimbangan bagi anda yang hendak membeli kamera digital DSLR. Karena resolusi kamera akan mempengaruhi hasil cetakan jepretan yang anda lakukan. Namun jika anda hanya bertujuan untuk sekedar foto mengabadikan moment dan share di media sosial maka resolusi kamera tidak akan terlalu berpengaru terhadap hasil upload yang anda lakukan.

5. ISO
ISO pada kamera digital DSLR cukup berpengaruh terhadap hasil jepretan. Karena ISO ini berkaitan dengan sensitifitas sensor kamera terhadap pencahayaan. Semakin tinggi nilai ISO kamera digitas DSLR semakin tinggi pula tingkat cahaya yang didapatkan.

Nah demikian lima tips memilih jenis kamera digital DSLR bagi pemula, semoga artikel ini membatu bagi anda yang hendak membeli kamera digital DSLR.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Jenis Kamera Digital DSLR Bagi Pemula

0 comments:

Post a Comment