Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam

Wednesday, November 2, 2016

Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam


Begini Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam Yang Perlu di Perhatikan - Berbicara mengenai dunia fotografi memang tidak ada habisnya. Mengapa? Seperti anda ketahui bahwa saat ini tidak ada seorang fotografer saja yang bisa menciptakan foto yang begitu bagus dan keren. Hanya bermodalkan kamera kompak dan DSLR anda pun bisa mengabadikan beberapa momen-momen penting agar bisa menghasilkan jepretan yang memuaskan.
Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam
Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam
Pada kamera digital, memiliki rentang kecepatan atau shutter yang cukup panjang untuk bisa mengambil gambar dalam keadaan cahaya yang rendah, terutama saat mengambil foto di malam hari. Pada dasarnya, persyaratan yang harus anda miliki untuk bisa menghasilkan jepretan yang bagus yaitu anda harus sedikit memahami tentang pengetahuan metering. Selain itu, pastikan alat yang digunakan juga harus memadai sebagai pendukung hasil nantinya.

Untuk membantu anda menghasilkan jepretan yang dinginkan, berikut tutorial dasar teknik fotografi malam yang harus anda ketahui sebelum mempraktekannya.
  1. Setting Kamera Anda
Tutorial dasar teknik fotografi malam yang pertama yaitu anda bisa memulainya dengan mematikan flash otomatis pada kamera anda. Setelah memastikan flash kamera dalam posisi off maka langkah selanjutnya anda harus membuat kamera anda dalam keadaan stabil.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamera menjadi stabil. Yang paling umum dan mudah dilakukan yaitu dengan menggunakan tripod. Anda bisa memilih tripod yang bisa anda sesuaikan dengan berat kamera dan lensa anda. Jika terpaksa harus mengambil foto dengan hand held (tanpa tripod) yang kemungkinan akan menghasilkan gambar yang blur karena shutter speed yang terlalu maka, maka tutorial dasar teknik fotografi malam yang harus anda lakukan yaitu dengan menyetting ulang ISO  agar bisa mendapatkan kecepatan shutter yang lebih pendek sehingga dapat meminimalisir blur.
  1. White Balance
Selain Iso, tutorial dasar teknik fotografi malam juga harus memperhatikan settingan white balance. Biasanya untuk hasil bidikan pada malam hari akan menghasilkan warna casts. Warna ini akan menghasilkan warna yang tidak tepat apabila anda tidak mengatur white balance dengan benar. Anda bisa mengatur white balance ke auto secara default sehingga sebagian besar akan menghasilkan gambar yang cukup baik saat menyeimbangkan suhu cahaya pada sebuah foto.
  1. Ide Obyek Fotografi Malam
Jika obyek yang anda bidik berupa kendaraan bermotor bercahaya yang bergerak anda bisa menggunakan kecepatan shutter lambat tanpa menggunakan flash. Tutorial dasar teknik fotografi malam ini akan menghasilkan sapuan warna yang hidup. Hal ini dikarenakan adanya efek jejak cahaya atau light trail yang panjang dan juga berwarna-warni. Anda bisa mengkombinasikannya dengan sudut rendah (low angle) maupun dari sudut pandang kreatif lainnya.

Lainnya jika hasil yang anda bidik adalah lampu neon. Pada obyek ini akan memberikan pelajaran mengenai warna-warna yang sangat baik. Namun anda tetap harus berhati-hati, hindari melakukan metering secara langsung di salah satu lampu yang terang. Hal ini dikarenakan bisa menghasilkan foto pada bagian lain menjadi lebih gelap. Dan sebaliknya, anda harus menghindari metering pada area gelap karena aka menghasilkan bagian foto yang lain menjadi terlalu terang

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Dasar Teknik Fotografi Malam

0 comments:

Post a Comment