Tips Simple Foto di Malam Hari

Friday, November 25, 2016

Tips Simple Foto di Malam Hari


Kamerafotografer.blogspot.com  - Anda suka berfoto dimalam hari ? Hmm, mungkin Anda sedang dalam keadaan liburan atau jalan jalan malam. Tidak ada yang salah dalam berfoto dimalam hari, tetapi yang jadi permasalahannya apakah cara pengambilan foto di malam hari sudah benar ?
Waktu malam adalah waktu yang dimana tingkat keberadaan cahaya sangat minim, dan tentunya sangat berbeda jika kita mengambil suatu objek gambar pada waktu pagi atau siang hari. Tidak tahu trik mengambil foto di malam hari, bisa bisa hasilnya pun sangat mengecewakan.


Tidak mau moment moment Anda rusak karena hasil jepretan yang tidak sempurna ? Berikut kamerafotografer hadirkan tips melakukan pengambilan foto di malam hari.

Setting Kamera

Sebelum Anda bergegas dalam pengambilan suatu objek dimalam hari, ada baiknya Anda melakukan prepare pada kamera Anda. Hal yang pertama yang harus Anda setting adalah mematikan (set OFF) flash otomatis pada kamera.

Setelah mematikan flash otomatis pada kamera, yang selanjutnya Anda harus memastikan bahwa keadaan kamera dalam kondisi stabil. Anda bisa mengatur posisi kamera Anda agar tetap stabil dan diam, yaitu menggunakan tripod.

Yang harus menjadi catatan saat Anda menggunakan tripod sebagai alat bantu penyeimbang kamera adalah Anda harus menyesuaikan ukuran tripod dengan berat kamera dan juga lensa. Apabila Anda menginginkan mengambil foto dengan cara menggunakan hand-held, dan hasilnya blur akibat shutter speed yang terlalu lama. Maka langkah yang tepat untuk menangani hal ini adalah Anda harus melakukan setting ulang pada ISO (naikkan ISO), menaikan ISO akan mendapatkan kecepatan shutter yang jauh lebih pendek untuk mengeliminir blur. Tapi menaikan ISO juga akan mempengaruhi naiknya noise pada foto.

Sebagai catatan tambahan, Jika kamera berada pada posisi yang stabil dalam waktu yang cukup lama dengan bantuan tripod atau semacamnya, Anda sudah bisa  melepas shutter dengan kecepatan rendah. Perlu diingat… Khusus mengambil foto di waktu malam dengan cara melakukan pengaturan manual shutter speed pasti nya Anda akan mendapatkan hasil foto yang keterangan (over) bahkan buruknya bisa menjadi lebih gelap.

Di dalam fotografi malam ada beberapa momen yang membuat bungkam suasana. Maka dari itu agar tidak mejadi bungkam dan over, ada beberapa tips melakukan setting eksposur yang dapat digunakan sebagai panduan fotografi malam.

·        Fireworks : 1 detik  f/2.8
·        Penerangan Building : 0.5 detik f/2.8
·        Subjek diterangi oleh cahaya api : 0.5 detik f/2.8
·        cahaya normal : 0,5 detik  f/2.8
·        Jendela toko : 1/8 detik f/2.8
·        Ukuran cahaya terang : 1/15 detik f/2.8

Ingin tahu Lebih lengkap ? Baca di sini - > Panduan dasar fotografi malam.
Itulah sepengalan tips untuk Anda yang suka melakukan adegan foto di malam hari, semoga tips ini bermanfaat dan sampai jumpa di tips selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Simple Foto di Malam Hari

0 comments:

Post a Comment