Tips Fotografi Mendapatkan Foto Tajam atau Tack Sharp

Thursday, November 17, 2016

Tips Fotografi Mendapatkan Foto Tajam atau Tack Sharp


Tack Sharp merupakan istilah dalam fotografi yang menggambarkan foto untuk menunjukkan fokus yang tajam yang diarahkan pada subjek utama yang biasanya di tampilkan dengan unsur garis, detail yang tajam dan tidak ada bagian yang kabur.

Salah satu hal yang mempengaruhi gambar agar terlihat bagus dan menarik untuk dilihat yaitu dengan mengedepankan ketajaman. Cara yang bisa anda coba yaitu dengan melakukan tips fotografi mendapatkan foto tajam seperti di bawah ini.

Tips Fotografi Mendapatkan Foto Tajam atau Tack Sharp

- Gunakan Single Point Autofocus
Tips fotografi mendapatkan foto tajam pertama yaitu anda bisa bermain pada titik fokus. Pada kebanyakan kamera akan mencoba mencari titik fokus di semua area subyek untuk mendapatkan foto setajam mungkin. Hal ini bagus untuk dilakukan dimana anda akan melihat detail yang akan anda bidik. Meskipun begitu tidak berarti jika anda ingin mendapatkan hasil foto yang tack sharp karena tidak ada objek yang super tajam.

Oleh sebab itu, maka anda bisa menggunakan mode autofocus single point yang akan memerintahkan kamera anda untuk bisa fokus pada satu titik saja. Caranya, tekan setengah dari tombol shutter untuk mendapatkan fokus sebelum memutuskan membidik objek yang akan di ambil. Dengan langkah ini maka anda akan bisa mendapatkan subjek setajam mungkin.

- Gunakan Bukaan Tertajam (Sweet Spot)
Pada lensa kamera hanya dapat mendapatkan foto tertajam di satu aperture tertentu. Hal ini biasanya di setting dari 2-3 stop turun dari aperture terlebar yaitu sekitar f/8 pada lensa kebanyakan. Misalnya, jika lensa kamera yang anda miliki bukaan maksimal berdiagfragma f/2.8 tertajam maka diafragma tertajam yaitu f/5.6. Tips fotografi mendapatkan foto tajam dengan mencari sweet spot memang dibilang susah-susah gampang karena dalam hal ini cahaya harus dalam kondisi yang memadai.

- Kurangi Filter Lensa
Filter pada lensa ternyata dapat mempengaruhi ketajaman lensa karena mempengaruhi kualitas di akhir gambar. Saat filter tidak di butuhkan, tips fotografi mendapatkan foto tajam yang sebaiknya anda lakukan yaitu anda bisa melepaskannya untuk meningkatkan ketajaman pada lensa anda.

- Gunakan ISO Sekecil Mungkin
Saat anda mendapati semakin tinggi kecepatan ISO, maka semakin besar pula kesempatan anda untuk mendapatkan noise pada hasil foto anda. Noise ini akan mempengaruhi ketajaman pada keseluruhan gambar. Oleh sebab itu, anda bisa menggunakan pengaturan ISO pada kamera yang paling kecil dan biasanya di atur sekitar 100-200 ISO.

- Gunakan Lensa Terbaik
Usahakan untuk menggunakan lensa yang berkualitas karena akan membuat perbedaan yang cukup signifikan untuk ketajaman foto anda. Biasanya pada lensa yang mahal akan membuat hasil foto menjadi lebih tajam hasilnya di bandingkan dengan lensa yang murah.

- Menggunakan Tripod Yang Kuat
Penggunaan tripod ini dimaksudkan untuk menahan kamera anda dari goyangan sekecil mungkin ketika di gunakan sehingga anda harus memastikan bawa tripod yang anda gunakan adalah tripod yang bagus dan kokoh. Hindari penggunaan tripod dengan menggunakan kaki yang berlebihan, karena semakin tinggi tripod maka akan semakin rentan kamera anda mendapatkan gerakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Fotografi Mendapatkan Foto Tajam atau Tack Sharp

0 comments:

Post a Comment