Panduan Tekink Dasar Fotografi Suasana Malam

Wednesday, November 23, 2016

Panduan Tekink Dasar Fotografi Suasana Malam


Kamerafotografer.blogspot.com  - Panduan dasar fotografi malam , Pada topik pembahasan sebelumnya mengenai berfoto dimalam hari. Kita sudah membicarakan persoalan mengatur setting eksposur. Dalam fotografi malam melakukan setting eksposur adalah hal yang tepat dan cocok untuk Anda yang memang baru pertama kali melakukan adegan foto di malam hari.

Masih dalam pokok pembahasan yang sama perihal “pengambilan objek fot di malam hari”, Disini kamerafotografer akan mengulasnya lebih lengkap dan ringan agar Anda  semua bisa paham dan menguasai teknik  berfoto saat malam hari.

Baca Topik sebelumnya disini - >  Tips Mengambil Foto Di malam Hari.

Setelah Anda melakukan pengaturan pada eksposur, Selanjutnya  Anda harus melakukan pengaturan pada white balance. Yang harus diperhatikan dalam mengatur white balance adalah warna casts yang akan timbul. Dari beberapa jenis pencahayaan yang timbul pastinya tidak akan selalu tepat, Apbila white balance tidak diatur dengan benar.

White balance di atur auto secara default  untuk menciptakan hasil yang maksmal dan juga berfungsi untuk menyeimbangkan suhu cahaya dalam sebuah objek foto.

Penentuan white balance (WB) adalah bagian yang  sangat penting dalam hal fotografi digital. Karena white balance akan menentukan warna dari objek foto yang kita ambil. Menginginkan hasil foto secara real sesuai dengan kondisi asli kita memang memerlukan pengaturan White balance yang tepat.  Akan tetapi dalam melakukan pemotretan seperti fotografi interior, white balance sulit diatur karena suhu warna yang ditentukan  terlalu banyak sumber cahaya . Fotografi interior memerlukan tingkat akurasi warna rancangan interior yang tepat.  Maka dari itu untuk fotografi malam dimanapun Anda melakukannya pastikan Anda berada pada daerah yang tepat. Untuk itu kita harus menentukan daerah mana yang tepat.

Dibawah ini ada penjelasan dan uraian cara umum setting White Balance, di simak ya …

Panduan Pengaturan White Balance

Pada suatu kamera yang kita miliki terdapat beberapa kode-kode untuk melakukan settingg white balance. Khusus untuk kamera profesional  sangat mudah diatur menggunakan skala Kelvin. Contohnya sebagai berikut:

• Gambar rumah bayangan u 8000K
• Gambar awan untuk 7000K
• Gambar matahari untuk 5000K
• Gambar neon u sekitar 4000K
• Gambar bohlam untuk 3000K


Kita bisa melihat hasil contoh dibawah ini yang dimana foto ini diatur menggunakan white balance , dan foto ini diambil pada sekitar pukul 05.30 masa dimana cahaya sinar matahari masih belum ada. Berikut foto nya :

Sumber foto : Arbain Rambey

Setelah setidaknya Anda mengerti akan pengaturan white balance yang tepat. Maka untuk menguasai fotografi di malam hari, Anda harus memiliki ide fotografi. Apa saja idenya ? Anda bisa saja mencoba ide berikut.


Gunakan kecepatan shutter lambat tanpa adanya flash, maka foto/objek  yang Anda ambil  akan menghasilkan gambar yang memiliki sapuan warna yang hidup. Ditambah lagi jika Anda mengambilnya pada latar belakang objek yang hidup, seperti lalu lalang motor atau kendaraan.

Tips Tambahan Panduan dasar fotografi Malam :

1. Gunakan kecepatan shutter lambat (hingga 4 – 8 detik)
2. lakukan eksperimen berkali-kali,
3. Gunakan bantuan tripod atau alat apa saja yang bisa membuat kamera stabil.
4. Arahkan ke langit.
5. Dan hasilnya Anda akan melihat hasil foto seperti pada siang hari dalam kondisi malam yang sangat gelap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Panduan Tekink Dasar Fotografi Suasana Malam

0 comments:

Post a Comment