Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Tips Foto Starburst

Tuesday, November 15, 2016

Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Tips Foto Starburst


Tips Foto Starburst : Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Apakah anda pernah melihat sebuah foto yang terlihat seperti bintang berpendar yang nampak bersumber cahaya pada malam hari?. Pastinya foto yang di hasilkan tersebut terlihat keren karena menghasilkan efek yang terkesan nyata. Dalam dunia fotografi efek yang digunakan tersebut di kenal dengan nama starburst.

Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang -Tips Foto Starburst
Untuk membuat jepretan yang menghasilkan efek starburst ini anda harus memahami cara membuat bukaan lensa sekecil mungkin. Artinya anda harus menggunakan angka aperture yang besar dengan ukuran f/11-f/22. Tak hanya itu anda juga sebaiknya memanfaatkan lensa yang mempunyai focal length lebih pendek.

Tips foto starburst memang lebih mengedepankan pencahayaan dimana secara fisika cahaya tersebut akan mengalami penyebaran (difraksi) ketika melewati celah sempit pada lensa. Sifat penyebaran inilah yang membuat sumber cahaya yang di hasilkan dari sinar matahari, bulan, maupun lampu akan terlihat lebih berpendar dan pada tepi akan menghasilkan bentuk seperti lidah. Untuk jumlah yang di hasilkan akan bergantung pada jumlah bilah atau blad aperture dalam lensa yang anda gunakan. Anda bisa melihat dari spek lensa yang anda miliki yang biasanya sudah tertera di bagian menu tombol kamera.

Untuk lebih memudahkan anda dalam membuat efek starburst tersebut pada setiap obyek yang akan anda bidik, berikut tips foto starburst yang bisa anda coba.

1. Perhatikan Setting Kamera

Langkah pertama yang bisa anda coba yaitu dengan memperhatikan settingan pada kamera anda. Jenis foto ini ada bisa menggunakan angka f yang tinggi misalnya f/11 tau bahkan lebih besar. Untuk set ISO anda bisa membuatnya lebih rendah di bawah 400, karena dalam hal ini anda akan memotret long exposure.

Anda bisa menggunakan mode manual juga aperture priority yang harus anda perhatikan angka matering kamera. Jika anda memotret pada malam hari akan ada kecenderungan over exposure atau akan menghasilkan gambar terlalu terang. Untuk itu anda bisa menggunakan exposure compensation yang angkanya bervariasi sesuai dengan lingkungan sekitar. Anda bisa menggunakan under 1 stop sebagai awal, selanjutnya anda bisa menyesuaikannya.

2. Gunakan Tripod

Memotret saat malam hari dengan menggunakan angka f yang besar dan di atas f/18 membuat shutter speed berjalan sangat lama yaitu di atas 25 detik. Agar lebih main dan tidak membantu proses pembidikan maka tips foto starburst ini sebaiknya anda memakai tripod agar hasil yang didapatkan seperti lukisan graffiti.

3. Setting Fokus

Dengan anda menggunakan angka aperture yang besar, anda tentu tidak terlalu pusing memikirkan fokus. Meskipun begitu, agar lebih aman tips foto starburst anda bisa mengambil titik fokus secara manual. Anda bisa menyetingnya pada bagian infinity.

4. Manfaatkan Highlight Alert Kamera

Anda bisa pula memperhatikan highlight alert pada kamera. Bagian tersebut merupakan peringatan bling-bling yang muncul di LCD saat hendak memotret subyek yang terang.

5. Mulai Memotret

Jika anda belum mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan malas untuk menyetting kembali pengaturan di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Lampu Tampak Seperti Bintang - Tips Foto Starburst

0 comments:

Post a Comment