Kenali Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi

Saturday, November 5, 2016

Kenali Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi


Kegiatan memotret merupakan proses kreatifitas yang tidak hanya sekedar untuk membidik objek yang akan di bidik yang selanjutnya menekan tombol shutter yang terdapat pada kamera. Namun fotografi merupakan seni yang lebih mengedepankan hasil yang maksimal dengan melakukan berbagai rentetan tahap. Mengapa harus bertahap? Ya, memotret supaya dapat menghasilkan gambar yang menarik yaitu diperlukan pemahaman, mau belajar dan mempraktekkannya.

Kenali Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi
Dalam menciptakan sebuah karya foto yang keren dan berseni tinggi, maka hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu anda harus mempunyai ide atau konsep yang benar-benar matang supaya anda nantinya tidak mengalami kesulitan saat memperaktekkanya. Tak hanya menerapkan ide, ternyata memahami tentang pencahayaan, ketajaman dan komposisi juga penting untuk di lakukan.

Antara objek dan subjek ini memang saling berkaitan satu sama lain. Memang hal yang satu ini terdengar sepele karena kedua kata tersebut mempunyai artian yang hampir sama sehingga banyak dari mereka justru mengabaikannya.

Objek dan subjek sebenarnya bukan merupakan soal teknik, akan tetapi dengan mengerti apa yang dimaksud dengan kedua kata dalam fotografi tersebut akan membuat anda bisa memahami setiap pembahasan mengenai fotografi saat menggunakan kata tersebut. Baik saat dipergunakan ketika berada dalam komunitas atau saat mengobrol kecil dengan teman anda.

Seperti di ketahui bahwa orang awam tentu belum memahami betul apa itu perbedaan objek dan subjek dalam fotografi. Banyak orang yang beranggapan bahwa kedua kata tersebut mempunyai artian yang sama. Untuk objek sendiri bisa dikatakan sebagai adegan yang di kemas dalam skala yang besar. Sebagai contoh, misalnya anda tengah memotret sebuah desa. Dalam gambar tersebut menunjukkan bahwa desa tersebut terdapat sawah, pegunungan, rumah dan petani. Dengan demikian maka objek foto tersebut yaitu pedesaan.

Untuk subjeknya adalah komponen yang berskala kecil yaitu apa yang terdapat dalam objek seperti sawah, gunung , sungai dan lainnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa objek juga seperti pegunungan, hutan, pantai dan wisata.

Sebenarnya, perbedaan objek dan subjek dalam fotografi ini mudah untuk anda kenali. Terlebih jika anda merupakan seseorang yang mau belajar dan tidak mudah puas untuk selalu meningkatkan keahlian dalam berfotografi. Tak hanya objek dan subjek saja, ternyata ada satu hal yang paling menonjol diantara subjek lainnya yang dijadikan sebagai detail atau bahan spesifikasi adegan.
Lalu bagaimanakah cara yang digunakan untuk menilai subjek mana yang paling menonjol?. Para ahli fotografi sepakat bahwa subjek utama yaitu subjek yang paling menarik perhatian orang saat pertama kali melihat foto anda tersebut. Oleh sebab itulah subjek yang paling menonjol yang biasanya dikenal dengan istilah POI (Point Of interest).

Sekarang anda sudah mengetahui bukan apa itu objek dan subjek dalam fotografi?. Semoga setelah membaca artikel ini dapat memudahkan anda untuk membedakan apa itu subjek dan objek dalam sebuah foto.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi

0 comments:

Post a Comment