Cara Mendapatkan Foto Landscape Yang Super Tajam

Friday, November 4, 2016

Cara Mendapatkan Foto Landscape Yang Super Tajam


Untuk mengambil gambar pemandangan maupun view yang cenderung meluas, para fotografer umumnya menggunakan teknik pengambilan gambar secara landscape. Namun ternyata kebanyakan mereka atau mungkin anda sendiri belum memahami betul mengenai cara mendapatkan foto landscape dengan tampilan yang super tajam.

Cara Mendapatkan Foto Landscape Yang Super Tajam

Pada dasarnya untuk mendapatkan hal tersebut cukup sederhana yaitu dengan menghindari adanya getaran saat shutter terbuka, memilih aperture dan fokus yang tepat. Untuk anda yang ingin belajar tentang pemahaman seputar teknik pengambilan gambar landscape, berikut cara mendapatkan foto landscape yang super tajam.

1. Gunakan Lensa Wide Angle Berkualitas Tinggi

Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebagai cara mendapatkan foto landscape yakni dengan memasang filter circular polarizer (filter CPL) pada lensa anda. Ketika anda mendapati lensa yang murah maka kamera anda akan melakukan defocus ketika anda memutar filter (CPL). Saat anda mendapati fokus yang sempurna pada komposisi landscape anda dan ingin memutar filter CPL yang terpasang pada lensa, maka lensa akan kehilangan fokusnya karena adanya gerakan dan tekanan saat memutar filter. Oleh sebab itu, perlu diingat bahwa anda harus melakukan pemfokusan kembali sebelum menekan tombol shutter.

2. Gunakan Tripod Yang Kokoh Dengan Ball Head Yang Kuat

Anda harus memastikan posisi center column berada pada posisi yang paling rendah. Anda juga bisa pula meletakkan pemberat misalnya dengan tas kamera sehingga kekuatan tripod lebih stabil.
Cara mendapatkan foto landscape juga harus memastikan bahwa ball head harus dalam keadaan terkunci kuat setelah anda melakukan komposisi pada foto tersebut. Ada baiknya anda juga mematikan fitur images stabilizer dan vibration reduction pada lensa saat penggunaan tripod.

3. Fokus Pada Jarak

Sebisa mungkin anda jangan memfokuskan objek yang dekat dengan posisi anda. namun cara mendapatkan foto landscape yaitu anda harus terfokus pada objek yang berada setengah jarak sampai dengan infinity. Anda bisa menggunakan teknik hyperfocal distance untuk bisa mendapatkan foto landscape yang tajam yang bisa anda dapatkan dari foreground hingga ke background.

4. Pilih Aperture dari Mid Range Sampai Aperture Sempit

Hal ini cukup penting dilakukan untuk anda yang menginginkan foto landscape agar terlihat tajam dari depan hingga ke belakang bahkan sampai keseluruhan frame. Cara mendapatkan foto landscape yang harus anda lakukan yaitu dengan memilih aperture dengan depth of field yang lebar.
Jadi, anda bisa memilih aperture mulai dari f/11 atau f/16 tergantung dengan seberapa dekat jarak anda dengan foreground. Hindari penggunaan aperture yang sempit seperti f/22 karena akan membuat foto kurang tajam karena terkena difraksi cahaya.

5.    Gunakan Mode Live View

Apabila anda mempunyai kamera DSLR dengan optikal viewfinder, maka sangat di rekomendasikan untuk menggunakan mode live view serta gunakan pemfokusan manual pada lensa supaya mendapatkan fokus yang tajam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mendapatkan Foto Landscape Yang Super Tajam

0 comments:

Post a Comment