Tutorial Teknik Fotografi Macro Keren Untuk Pemula

Sunday, October 9, 2016

Tutorial Teknik Fotografi Macro Keren Untuk Pemula


Tutorial Fotografi Macro - Apakah anda mengenal dengan apa yang disebut sebagai fotografi macro? jika belum, maka langsung saja berikut adalah contoh fotografi macro. Dari hasil foto tersebut bisa dibilang bahwa fotografi macro adalah fotografi yang melakukan pembesaran terhadap benda benda yang kecil, seperti serangga pada contohnya. Selain kecil, foto yang dihasilkan juga mengambil fokus tertentu dari benda tersebut sehingga seakan memberikan detail yang jelas dan tajam. Fotografi macro sebenarnya bisa dilakukan tanpa membutuhkan lensa khusus alias cukup dengan memggunakan lensa kit seadanya dan semampunya. Hanya saja hasil jepretannya tidak semulus dan setajam dari lensa macro. 
Tutorial Teknik Fotografi Macro Keren Untuk Pemula

Untuk langkah pertamanya adalah anda harus bisa mengunci fokus dari benda yang menjadi objek foto. Terkadang kamera akan kesulitan untuk mengambil fokus apabila objek terlalu dekat atau sulit untuk menemukan titik fokus karena objek terlalu kecil. Oleh karena itu disinilah kita bisa menggunakan kemampuan kita dalam mencari fokus secara manual. Apalagi jika kita menggunalan tube extension yang akan menghasilkan foto macro yang lebih cantik. Tube extension ini ada yang mengharuskan anda untuk mencari fokus secara manual namun juga ada yang bisa menyambungkan fitur autofokus lensa anda.
Tutorial Fotografi Macro
Hasil yang didapat juga cantik, dengan harga murah pastinya. Asal kemampuan kita dalam mencari objek yang apik terasah maka gear yang murah pun bisa menghasilkan foto yang luar biasa. Untuk fotografi super macro, terkadang diperlukam cahaya khusus yang lembut dan terus menerus namun tidak terlalu terang seperti flash. Anda dapat mengakalinya dengan lampu led yang ditutupi dengan kertas. Apabila anda ada cukup budget anda bisa mengadopsi lensa dengan mounting LED di depan lensanya sehingga hasilnya tak memerlukan cahaya yang terlalu dominan. 

Jika anda memiliki kamera tele, anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengambil foto serangga atau objek lain yang jauh namun tetap menjaga getarannya karena dapat mengurangi ketajamannga. Namun kelebihan dari lensa tele ini tentunya ada pada efektifitasnya dalam menjangkau objek yang jauh. Target fotografi macro tentunya bebas me urut kreasi anda sendiri namun untuk menururn. yang mungkin apabila dikatakan akan slalu terganggu kemudian terbang atau menghilang.

tutorial selanjutnya, anda bisa memmnggunakan lensa anda tanpa atau dengan extension hanya dengan melepas lensa dari bodinya kemudian membalik lensa tersebut. Karena lensa tersebut tidak tersambung, amda harus mencegah dengan mengganjelnya dengan batang korek atau benda yang bisa mengganjal. Terlebih karena lensa tidak terintegrasi, maka fokus harus dicari secara manual.
Bagaimana? tertarik? Cobalah dengan mode A bisa menghasilkan bokeh yang juga amazing dan juga lembut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Teknik Fotografi Macro Keren Untuk Pemula

0 comments:

Post a Comment