Tutorial Teknik Fotografi Hitam Putih

Monday, October 17, 2016

Tutorial Teknik Fotografi Hitam Putih


Dalam dunia fotografi, banyak jenis jenis trik dan aliran fotografi yang bisa anda lakukan seperti Macro, HDR fotografi serta fotografi hitam putih yang menjadi salah satu aliran fotografi yang banyak diminati oleh fotografer profesional maupun amatiran.  Fotografi hitam putih lebih men si foto daripada unsur foto lainnya seperti bokeh dan warna yang natural. Meskipun terlihat mudah namun fotografi hitam putih yang membawa cerita yang hidup dalam sebuah frame cukup sulit. Mengapa? Berikut ini adalah tutorial fotografi hitam putih.Untuk penggunaan lensanya, anda bisa memakai 50 mm fix atau pun lensa kits saja karena memang disimpan di perangkat lain bisa membantu untuk menghasilkan karya yang dibuat untuk pemirsa atau penonton saja.

Tutorial Teknik Fotografi Hitam Putih
Pertama tama yang harus anda lakukan adalah mengubah setting penyimpanan foto anda ke format RAW. Hal ini dimaksudkan tentu saja agar anda bisa melakukan sentuhan akhir dibelakang nantinya. Dalam berburu foto hitam putih, perhatikan selalu untuk bentuk, garis dan bayangan. Trik tersebut agaknya cukup berhasil karena kita tidak diajak untuk berburu hasil berwarna. Selain itu, carilah kontras dari objek dan backgroundnya agar objek anda tidak tenggelam pada background namun malah menjadi pusat atau fokus dari hasil foto anda. Selain itu, fotografi hitam putih bukan berarti anda anti dan menolak semua warna selain hitam dan putih. Warna abu abu sendiri bisa menjadi range gradasi yang cantik sehingga tidak terlalu menabrak anatara hitam dan putihnya. Bahkan kesan dramatis akan semakin terlihat apabila anda mengambilnya dengan objel yang seperti terframing dalam objek gelap yang anda ciptakan sendiri.
Anda juga bisa memfokuskan komposisi anda pada pattern atau pola yang bisa anda temukan. Kembali, pattern itu menarik karena pattern akan memberikan pengalaman lebih. Selain itu boleh saja jika anda berkeinginan untuk mengambil foto berwarna terlebih dahulu lalu kemudian anda akan mentransfernya ke format hitam putih.  Itulah kenapa anda disarankan untuk mengambil format SAW. Tidak adala larangan tentang hal tersebut, selama anda masih mampu menjelaskan apa perbedaan dri monochrome, black and white images, black on white dan semacamnya.

Bagaimana? Tertarik? Fotografi hitam putih ini tidak terlalu sulit pengaplikasiannya namun, namun memang membutuhkan banyak jam terbang tinggi atau pengalaman yang akan menajambkan insting dalam berburu objek baik dengan melalui angle tertentu. Anda juga harus berhati hati untuk mengambil gambar yang memiliki kontras bayangan yang kuat sehingga memunculkan bayangan hitam yang terkadang dipenuhi noise. Apabila memang keberadaannya cukup banyak anda bisa menggunakan apliaksi pengedit foto untuk menghilangkan agar noise tidak terlalu banyak berkeliaran di foto anda. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Teknik Fotografi Hitam Putih

0 comments:

Post a Comment