Tutorial Merawat Kamera DSLR Supaya Awet

Wednesday, October 5, 2016

Tutorial Merawat Kamera DSLR Supaya Awet


Tutorial Merawat Kamera DSLR - DSLR bisa dibilang benda elektronik yang cukup membutuhkan perawatan yang extra ketat. Bagaimana tidak, harganya yang mahal berakibat pada harga spare part yang mahal juga apabila terjadi kerusakan. Kamera DSLR tidak bisa disimpan di sembarangan tempat seperti kamera digital atau benda elektronik lainnya yang hanya membutuhkan tempat yang kering saja. Kamera DSLR membutuhkan tempat khusus untuk merawatnya oleh karena itu membutuhkan keuletan dan ketelitian pemiliknya. Kali ini akan dibahas mengenai tutorial merawat kamaera DSLR. Bagi anda yang baru memiliki atau ingin memulai hobi fotografi, anda bisa membacanya sebagai pengetahuan awal, selamat membaca.

Tutorial Merawat Kamera DSLR Supaya Awet
Apa yang paling utama untuk disiapkan sebagai tempat penyimpanan DSLR adalah wadah yang kedap udara. Jika anda memiliki koleksi lensa, tentunya anda membutuhkan wadah kedap udara yang lebih besar atau anda bisa memisahkannya antara lensa dan bodi kamera. Tempat meletakkan wadah tersebut adalah diruangan yang cukup cahaya namun tidak cahaya langsung. Mengapa demikian? untuk menghindari tumbuhnya jamur pada kamera. Jamur dapat tumbuh pada lensa meskipun lensa itu seakan selalu anda jaga kebersihannya. Efeknya? pada hasil foto anda akan timbul noda noda hitam seperti benda asing. Semakin lama juga jamur tersebut bisa semakin parah hingga akhirnya akan menutupi lensa dan mengganggu hasilnya. Wadah kedap udara tersebut juga menjaga agar suhu ruangan tempat menyimpan kamera DSLR dan lensa anda tetap stabil sehingga tidak mudah untuk tumbuh jamur. Akan lebih baik jika anda menambahkan beberapa bungkus silica gel yang akan menjaga agar tidak lembab. Anda dapatkan dari pembelian barang seperti sepatu dll atau anda juga bisa membelinya di beberapa toko online.

Tutorial Merawat Kamera DSLR Supaya Awet
Saat kamera DSLR anda tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, anda harus memastikan untuk melepas baterai dari bodi kamera. Simpan baterai pada wadahnya dan masukkan juga kedalam wadah penyimpanan kamera. Mengapa demikian? jika baterai terus menerus tertanam pada bodi kamera, meskipun dalam keadaan tidak "on" umur baterai akan berkurang dan bisa mengakibatkan drop. Jika baterai anda drop anda tidak akan memperoleh hasil maksimal untuk hunting foto anda.
Selalu gunakan tas kamera standar ketika membawa kamera dan lensa anda. 

Tutorial Merawat Kamera DSLR Supaya Awet
Kamera DSLR merupakan kamera dengan mesin analog yang jika terjadi benturan bisa mengakibatkan kinerjanya terganggu. Hal kedua yang perlu dijaga adalah lensa anda karena koleksi lensa anda mungkin lebih mahal daripada bodi kamera anda. Jika lensa oecah belum tentu ada spare part untuk penggantiannya alias anda harus membeli yang baru. Jangan sembarangan menggunakan cairan untuk membersihkan kamera, gunakan pembersih kering jika ingin membersihkan bagian dalam kamera. Jangan pula sembarangan menggunakan kain untuk membersihkan lensa, jika kain tersebut terlalu kasar maka akan menggores atau merusak lapisan luar dari lensa anda. Tentunya akan sangat merugikan untuk anda. Akan lebih baik jika anda membeli kain lembut yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Bagaimana? sedikit mengerti mengenai perawatan kamera? Dengan demikian kamera anda akan terjaga dan selalu fit ketika akan digunakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Merawat Kamera DSLR Supaya Awet

0 comments:

Post a Comment