Tutorial Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pertama Kali

Monday, October 3, 2016

Tutorial Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pertama Kali


Kamera DSLR adalah kamera yang rumit. Memang kita bisa menggunakan setting otomatis agar lebih mudah untuk mengambil gambar, namun apa bedanya nanti dengan kamera digital biasa? Oleh karena itu akan lebih baik jika sedikit sedikit mempelajari tentang sistem kamera DSLR agar memiliki hasil yang sempurna dari kamera anda. Sambil belajar, mari kita kenali tutorial menggunakan kamera DSLR untuk pertama kali.

Tutorial Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pertama Kali
Setelah anda belaar untuk menyalakan dan mematikan kamera anda kini saatnya menjelajah ke bagian tubuh lainnya dari kamera anda. Biasanya ketika anda baru pertama kali membeli kamera DSLR, umumnya anda akan mendapatkan lensa kit. Biasanya lensa kit ini memiliki vocal lensa 18 – 55 mm. walaupun dikatakan sebagai kit, namun beberapa lensa kit dari seri kamera tertentu memiliki lensa yang berbeda. Jika anda melihat lensa di bagian depan maka akan tampak tombol switch yang bisa digerakan secara vertical atas dan kebawah sambil menunjukkan arah AF atau Autofocus dan MF atau Manual Focus.

Untuk autofocus, fokus akan dicari secara otomatis seperti anda menggunakan kamera digital sedangkan untuk Manual fokus anda harus menggerakan lingkaran fokus di bagian depan lensa. Sedangkan untuk bagian yang memiliki grip karet digunakan untuk zooming. Di sebelah kiri lensa ada sebuah tombol kecil. Tombol tersebut berfungsi untuk mengunci lensa. Jika anda menekannya laluk memutar lensa kebalikan dengan arah jarum jam (kamera membelakangi anda) maka anda bisa melepas lensa anda untuk dibersihkan maupun diganti dengan lensa lain. Untuk memasangnya kembali, cukup tekan tombol pengaman lalu cocokkan titik putih dengan titik yang berada pada bodi kemudian putar hingga terpasang kembali.

Setelah mengetahui perihal lensa, sekarang menuju ke proses memotret. Jika melihat pada bagian shutter maka akan terdapat banyak menu yang tersedia dan bisa digunakan untuk memotret. Salah satunya adalah automatis atau yang berlogo Auto dengan kamera hijau pada Nikon. Cobalah untuk mengambil gambar dengan fokus otomatis dan fokus manual dengan merubah setting pada lensa, namun jangan lupa untuk terlebih dahulu membuka tutup lensa. Setelah anda mencoba untuk mengambil foto menggunakan fitur automatis anda bisa mencoba mode lainnya seperti Aperture Priority yang berikon A pada Nikon.

Pada setting Aperture anda akan dibebaskan untuk mengatur bukaan kamera namun settingan lainnya tetap otomatis. Mode S atau Shutter Priority, anda bebas mengatur shutter speed atau kecepatan bukaan lensa namun setting yang lainnya adalah otomatis. Mode Program hampir sama seperti Auto namun memberikan sedikit keleuasaan untuk mengatur shutter speed, aperture dan ISO. Mode Manual, mode manual membebaskan anda untuk mengatur setting kamera sehingga anda harus mempelajari dulu sebelumnya apa itu ISO, Aperture, shutter speed agar hasil foto yang dihasilkan tidak gelap atau terlalu terang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pertama Kali

0 comments:

Post a Comment