Tutorial Keren Teknik Photography Toy atau Mainan

Sunday, October 9, 2016

Tutorial Keren Teknik Photography Toy atau Mainan


Anda punya hobi lain selain fotografi seperi Gunpla? Action figure? Koleksi mainan? Miniatur? Hobi tersebut merupakan hobi yang sangat berjodoh apabila dipadukan dengan fotografi. Kenapa? karena tentunya anda ingin memamerkan koleksi anda dengan foto yang memukau atau adegan yang lucu. Nah lalu bagaimana menghasilkan toy photography yang memukau? Berikut adalah tutorial sederhana toy photography yang bisa anda coba dengan kamera anda.
Tutorial Keren Teknik Toy Photography
Toy photography tak ubahnya adalah foto model, hanya saja objek atau model anda sekarang adalah mainan. Mainan tersebut bisa berupa miniatur atau action figure yabg dapat digerakan. Untuk kali ini kita akan membahas action figure dulu. Jika tadi dikatakan bahwa toy photography adalah foto model yang digantikan mainan, berarti anda juga harus mengarahkan gaya model alias mainan tersebut. Kombinasi pose model mainan anda dengan angke kamera akan menghasilkan foto dengan adegan yang menarik. Anda juga bisa menggunakan lebih dari satu mkdel mainan untuk menciptakan adegan dramatis, lucu maupun romantis. 

Tutorial Keren Teknik Toy Photography
Jika adegan itu membutuhkan foto terbang, anda bisa memanipulasi levitasi dari model mainan anda dengan diikat benang yang akan tersamarkan oleh background. Bila action figure atau mainan yang anda miliki tidak bisa digerakkan bagian tubuhnya, maka yang bisa anda mainkan adalah angle kamera. Anda juga bisa memngkombinasikan lebih dari satu model mainan ini selama menghasilkan adegan yang menaeik.

Untuk lokasi pemotretan model anda itu bisa dilakukan sesuai kreatifitas anda di alam terbuka seperti di atas pohon agar memiliki tekstur kayu yang alami, rerumputan agar terlihat seperti ilalang tinggi, di aliran air agar terlihat seperti sungai dan lain lain. Perhatikan gokden hours juga agar hasik yang didapatkan juga maksimal.

Hal menarik lainnya yang anda juga bisa coba adalah m membuat studio mini menggunakan baik menggunakan peralatan fotografi anda seperti lampu studio atau secara sederhana menggunakan kardus yang dilapisi oleh kertas putih atau hitam sebagai dinding dindingnya. Pengaturan cahaya bisa anda gunakan cahaya alami ruangan atau memanipulasinya lagi dengan menggunakan senter yang dibiaskan dengan kertas hvs atau yang lebih tipis. Untuk arah datangnya cahaya bisa anda sesuaikan dengan pose atau adegan dari model mainan anda.

Untuk lensa yang digunakan, karena model yang menjadi objek berukuran kecil dan jaraknya akan pendek maka lensa kit pun terasa cukup. Atau anda juga bisa mnmenggunakan lensa fix bervokal rendah untuk mendapatkan bokeh yang maksimal.
Bagaimana? tertarik untuk mencoba? cari lagi koleksi mainan anda dan buat momen cerita dari mainan anda. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Keren Teknik Photography Toy atau Mainan

0 comments:

Post a Comment