Tutorial Fotografi dengan Model Untuk Pemula

Wednesday, October 26, 2016

Tutorial Fotografi dengan Model Untuk Pemula


Bagi anda yang mengawali hobi foto foto dengan memotret gambar pemandangan mungkin lama kelamaan ingin memasukan objek manusia kedalamnya. Fotografi ini sering disebut sebagai fotografi model. Banyaknya model dalam satu frame juga tidak terbatas hanya satu saja, namun untuk berlatih anda bisa menggunakan satu orang model. Berikut adalah tutorial fotografi dengan model untuk pemula.

Ketika anda masih pemula, mungkin anda belum memiliki orderan dari klien untuk mengambil foto model. Bergabung dengan komunitas fotografer akan membantu anda disini, karena komunitas fotorafer sering mengadakan pemotretan bersama dengan menyewa satu atau dua orang objek untuk dijadikan sebagai model. Hal tersebut pastinya akan membantu anda untuk memperbanyak portofolio karya anda. Selain itu, model yang disewa kebanyakn juga terbiasa dengan foto modeling sehingga anda tidak perlu terlalu banyak mengatur gaya modelnya apalagi mengatur make upnya agar tampak alami di kamera. Anda hanya perlu mengatur gear anda agar mampu mengambil gambar yang terbaik. Jika anda belum memiliki kesempatan untuk mendapatkan model professional, anda juga bisa mengundang teman anda untuk melakukan sesi foto. Anda dapat melihat beberapa foto model di internet sebagai referensi untuk mengatur gaya model anda.

Tutorial Fotografi dengan Model Untuk Pemula
Kedua adalah pemilihan tempat, pemilihan tempat juga penting karena anda mungkin belum memiliki studio foto sendiri. Anda bisa mengambil lokasi wisata sebagai tempat pemotretan. Upayakan untuk mensurvey terlebih dahulu lokasinya, baik secara langsung dengan mendatangi lokasinya atau secara tidak langsung dengan mencari informasi di internet. Hal ini sangat penting, untuk menghindari kekecewaan apabila sudah terlanjur datang ke lokasi. Selain itu juga akan baik untuk mempersiapkan busana atau outfit dari model agar sesuai dengan suasana atau backgroundnya.
Untuk selanjutnya adalah pemilihan waktu yang tepat. Pemilihan waktu yang tepat juga akan berpengaruh dengan hasil foto foto anda. Seperti jam untuk sesi foto tersebut yang dilakukan pada golden hours pastinya akan memiliki tone yang cantik dengan cahaya matahari yang lembut. Selain itu juga pemilihan waktu yang tepat dapat menghindarkan anda dari gangguan pengunjung lainnya. Usahakan untuk datang lebih awal sebelum pengunjung lainnya atau setidaknya datang tidak pada saat hari libur. Dengan demikian anda bebas untuk melakukan sesi foto tanpa harus menyewa lokasi private foto mahal mahal.

Untuk foto modeling, lebih disarankan untuk menggunakan lensa fix. Dengan menggunakan lensa fix anda akan memperoleh hasil yang tajam dengan bokeh yang juga memukau. Anda bisa memanfaatkan flash eksternal disini sebagai alat bantu apabila cahaya matahari terlalu kuat dan membuat kontras yang tinggi. Jika anda hanya memiliki lensa tele saja, anda bisa memanfaatkannya namun dengan catatan jarak anda akan cukup jauh dengan model dan penggunaan flashpun akan sedikit sia sia. Ambilah dengan format RAW sehingga anda dapat mengoreksi hasilnya setelah anda kembali.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Fotografi dengan Model Untuk Pemula

0 comments:

Post a Comment