Tutorial dan Teknik Fotografi Light Trail Yang Sangat Unik

Saturday, October 22, 2016

Tutorial dan Teknik Fotografi Light Trail Yang Sangat Unik


Tutorial Fotografi Light Trail Unik - Konsep untuk berfoto ria ternyata taka da habis habisnya untuk dibahas. Ada fotografi alam, street photography, underwater photography, dan lain lain. Hasilnya? Ya tentu saja bervariasi komposisinya. Kali ini kita akn mencoba sebuah teknik fotografi yang cukup unik yakni light trail atau jejak cahaya. Loh apaan itu yah? Light trail adalah sebuah konsep fotografi yang menampilkan keindahan warna lampu yang membentuk jejak atau dalam hal ini adalah garis sehingga menjadi keindahan tersendiri. Lalu bagaimana caranya? Berikut tutorial fotografi light trail unik.

Tutorial dan Teknik Fotografi Light Trail Yang Sangat Unik
Tutorial dan Teknik Fotografi Light Trail Yang Sangat Unik

Untuk membuat foto light trail, yang harus kita tentukan adalah waktu dan tempat. Jika anda berpikir kalau waktu yang tepat untuk berburu foto adalah malam hari, maka itu kurang maksimal hasilnya. Waktu yang paling menghasilkan gambar paling menarik adalah sebelum atau sesudah matahari terbenam sehingga warna langit yang diambil juga bertekstur, tidak sekedar hitam. Sedangkan untuk tempat, anda bisa memilih spot yang bisa mengambil gambar lampu lampu yang bergerak seperti di perempatan jalan untuk mengambil foto lampu kendaraan, pasar malam untuk foto permaiannya yang bergerak, maupun membuatnya sendiri yakni dengan menggunakan lampu led yang berwarna warni atau menggunakan kembang api.

Setelah menentukan waktu dan tempat, yang kedua adalah menentukan angle yang pas. Jika anda memilih perempatan jalan, anda bisa mengambil angle dari pinggir jalan langsung sehingga garis cahayanya berupa garis lurus horizontal, maupun mengambil angle lainnya untuk membuat garis cahaya membentuk garis diagonal. Jika ada jembatan penyeberangan jalan, anda juga bisa mengambilnya dari atas sana sehingga cakupan foto akan lebih luas, namun tentunya anda harus berhati hati karena itu adalah tempat umum.

Untuk setting kamera, pilihlah ISO yang paling rendah agar mengurangi adanya noise. Konsep dari light trail ini adalah bukaan lensa yang lama sehingga cahaya yang bergerak ditangkap berkali kali oleh kamera sehingga membentuk garis. Anda harus menguasai setting manual kamera anda agar menghasilkan gambar yang menarik. Oleh karena itu, memainkan bukaan serta shutter speed sangat penting disini. Untuk settingnya tidak bisa saya bagikan karena itu tergantung dari lokasi tempat anda memotret.

Tidak ada patokan lama atau tidaknya bukaan lensa selama anda menilainya hasilnya itu baik maka baik. Kebanyakan diambil pada waktu 10 hingga 20 detik saja dengan bukaan diantara f/8. Lakukan beberapa eksperimen, jika foto anda overexposure maka cobalah untuk menambahkan f dan jika underexposure maka turunkan f. Selalu mengambil dalam format RAW agar anda bisa mengoreksi hasilnya setelah sampai dirumah. Bagaimana? Ingin segera mencobanya? Charge baterai kamera anda dan segera berburu nanti malam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial dan Teknik Fotografi Light Trail Yang Sangat Unik

0 comments:

Post a Comment