Tutorial dan Teknik Fotografi Landscape Keren

Wednesday, October 19, 2016

Tutorial dan Teknik Fotografi Landscape Keren


Jalan jalan menikmati keindahan alam Indonesia saat ini menjadi trend yang memenuhi postingan postingan media sosial. Jalan jalan tentu saja tak bisa dipisahkan dengan kegiatan foto foto yang akan menyimpan memori kenangan anda selamanya. Nah, untuk yang jalan jalanke wilayah yang luas, penuh pemandangan indah tentunya foto yang akan diambil adalah berformat landscape yang tentu saja akan menunjukkan view lokasi liburan anda. Nah berikut ini adalah beberapa tutorial singkat untuk mendapatkan foto cantik landscape.

Tutorial dan Teknik Fotografi Landscape Keren

1. Memilih saat yang tepat, Golden Hours

Golden hours menjadi moment penting dalam fotografi karena menghasilkan tone warna yang menarik dan pencahayaan matahari yang masih lembut. Untuk pagi hari, berburu foto sunrise di daerah yang memiliki landscape yang luas menjadi pengalaman yang menarik. Anda bisa menempatkan matahari di sudut sudut frame atau ditengah foto secara simetris. Sedangkan untuk saat sunset, meletakkan proporsi awan yang berbentuk dan berwarna indah.

2. Long Exposure

Long exposure akan menghasilkan foto yang tajam dan lebih terang. Tentu saja untuk mengambil foto long eksposure, anda akan sangat membutuhkan tripod. Tripod yang anda bawa bisa berupa tripod mini atau bahkan monopod sehingga tak mengganggu rekreasi anda. Remote shutter juga bisa digunakan untuk mengurangi kemungkinan kamera sedikit tergincang. Lamanya shutter speed anda bergantung pada situasi gelap terangnya suasana foto.

3. Pemilihan angle

Pemilihan angle untuk foto landscaoe sedikit berbeda dengan fotografi pada umumnya. Fotografi landscape memikiki objek yang luas yakni mengambil sebanyak mungkin pemandangan di hadapan anda. Anda dapat meletakkan garis horizon dengan lurus dibantu oleh grid line, dan ditempatkan di 2/3 akhir dari frame kamera. Penempatan sumber atau arah cahaya juga harus anda oerhatikan agar menambah estetika foto seperti diletakkan di sudut sudut frame. Jika memungkinkan, anda bisa mengambik hasil yang simetris baik sevara horizontal maupun vertikal, hasil foto yang simetris sangat memanjakan mata. Jika disekitar anda ada genangan air yang cukup luas, atau anda berada di lokasi danau, waduk, atau laut, membagi proporsi foto separuh untuk air bisa menjadi hal yang menarik. Terutama dipadukan dengan pengambilan gambar secara long exposure.

4. Foreground

Umumnya orang akan lebih mengutamakan background foto untuk memperindah hasil. Namun pada fotografi landscape, seluru objek termuat tanpa background. Oleh karena itu penggunaan foreground seperti menampilkan garis pantai, leading lines, yang memberikan perspektif cantik untuk foto anda.
Bagaimana? mudah bukan. Anda juga tidak terlalu membutuhkan lensa khusus untuk mengambil fotonya, lensa kit anda sangat berguna disini. Jika anda ingin menggunakan lensa berbeda, anda bisa menggunakan lensa wide atau fish eye.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial dan Teknik Fotografi Landscape Keren

0 comments:

Post a Comment