Tutorial Menghubungkan Smartphone Android Dengan Kamera DSLR Nikon

Tuesday, September 27, 2016

Tutorial Menghubungkan Smartphone Android Dengan Kamera DSLR Nikon


Smartphone ternyata tidak terbatas penggunaanya hanya untuk sekedar berkomunikasi dan foto foto saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi asisten dari kamera DSLR. Pemanfaatannya tidak hanya sekedar untuk mengirim atau mengunggah file foto saja melainkan dapat digunakan dengan berbagai manfaat. Syarat utama untuk mengghubungkan smartphone anda dengan kamera DSLR anda adalah pada smartphone anda terlebih dahulu.

Smartphone anda harus mendukung kemampuan OTG, dan untuk mengetahuinya anda bisa mengunduh aplikasi pengeceknya di Playstore dengan nama USB OTG Checker. Jika smartphone anda support maka hal lain yang anda butuhkan adalah kabel OTG guna menghubungkan kabel data dengan smartphone. Setelah kabel OTG sudah anda peroleh, software yang paling penting yang anda perlukan dalam tutorial ini adalah DslrDashboard.apk. Anda harus mencarinya di Google karena aplikasi ini tidak tersedia di Playstore.

Perlengkapan lainnya yang bisa anda pakai adalah stand untuk smartphone dan DSLR sehingga ruang flash eksernal dapat dipasang layar tambahan dari smartphone. Untuk sinkronisasinya, berikut tutorial menghubungkan smartphone android dengan kamera DSLR Nikon.

1. Pasang USB OTG anda dengan kabel data yang sudah terpasang pada kamera. Jika dirasa kabelnya terlalu panjang dan mengganggu, anda dapat menggulungnya dengan karet atau mencari kabel USB yang lebih pendek.

2.Sambungkan kabel OTG dengan port USB smartphone dan tunggu hingga terdeteksi olehDslrDashboard. Atau bila masih belum terdeteksi, anda bisa membuka DslrDashboard di menusmartphone anda.

3. Tekan “Search for USB Camera” maka anda akan langsung terhubung pada halaman menu utama.

Jika anda memperhatikan, menu utama dari DslrDashboard ini sama seperti setting dari kamera DSLR baik menu setting maupun menu foto seperti kecepatan rana, ISO, exposure hingga kualitas foto dapat anda atur disini. Singkatnya, aplikasi DslrDashboard mengubah smartphone anda menjadi layar tambahan yang juga layar sentuh, keren bukan? Jika kamera anda memiliki kemampuan Live View, maka smartphone anda akan menampilkan gambar yang sama dengan yang ada di LCD kamera. Hal ini tentunya akan sangat membantu anda dalam mengecek hasil jepretan anda di layar dengan resolusi yang lebih tinggi atau ukuran yang lebih besar seperti tablet.

4. DslrDashboard juga dapat membuka file file yang tersimpan didalam kamera anda dan memindahkannya ke smartphone anda. Caranya dengan memilih di menu utama kotak bertuliskan JPEG. Jika foto masih belum terlihat, tekan tombol  panah keatas dan kebawah untuk merefresh thumbnails. Anda bisa membuka hasil foto anda langsung di smartphone. Anda juga bisa memindahkannya langsung ke smartphone.

Fungsi lain dari DslrDashboard

-  Sebagai tombol shutter jarak jauh, gunakan kabel yang lebih panjang. Sangat berguna untuk berburu star trail atau fotografi dalam kondisi minim cahaya.

- Sebagai layar tampilan kedua, bisa digunakan untuk memata matai.

- Backup foto ke smartphone

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tutorial Menghubungkan Smartphone Android Dengan Kamera DSLR Nikon

0 comments:

Post a Comment