Tips Fotografi Dengan Kamera Digital Agar Menghasilkan Foto Bokeh

Tuesday, August 30, 2016

Tips Fotografi Dengan Kamera Digital Agar Menghasilkan Foto Bokeh


Tips Fotografi Dengan Kamera Digital Agar Menghasilkan - Foto bokeh atau foto dimana subjek menjadi titik fokus dan background atau objek nampak blur mungkin anda anggap hanya bisa di dapatkan melalui pemotretan menggunakan kamera DSLR atau manual.

Namun, bagi anda yang menggunakan kamera digital atau yang lebih akrab disebut kamera saku atau pocket, tak perlu khawatir. Karena hanya dengan menggunakan kamera mungil ini anda pun juga bisa menghasilkan foto bokeh.

Tips Fotografi Dengan Kamera Digital Agar Menghasilkan Foto Bokeh
Lalu bagaimana cara mendapatkan foto bokeh hanya dengan menggunakan kamera digital? Berikut tips fotografi dengan kamera digital agar menghasilkan foto bokeh :

1.    Gunakan mode aperature priority pada kamera digital anda. Namun jika kamera digital anda tidak memiliki mode tersebut, maka gunakan mode portrait atau macro.

2.    Tips fotografi dengan kamera digital berikutnya adalah dengan menantikan adanya flash dari kamera.

3.    Untuk yang lebih ideal, sebaiknya pilih lokasi yang memiliki cahaya cukup atau di luar ruangan. Namun jika anda harus melakukan pemotretan di dalam ruangan yang tidak memiliki cahaya cukup, maka gunakan tripod demi mendapatkan cahaya dari ketinggian.

4.    Carilah subjek yang berukuran kecil serta memiliki tekstur yang cukup kontras dengan objek. Mengapa demikian, karena pada dasarnya kamera digital tidak di prioritaskan untuk foto bokeh sehingga untuk mendapatkan foto bokeh anda jangan mencari subjek yang sulit di fokuskan oleh kamera digital anda.

5.    Buat posisi subjek berjauhan dengan objek. Tips fotografi dengan kamera digital yang satu ini juga bertujuan agar background atau objek mudah diblurkan, sedangkan subjek mudah di fokuskan.
6.    Untuk hasil bokeh yang lebih maksimal, sebaiknya pilih background yang memiliki pantulan seperti logam ataupun kaca.

7.    Tips fotografi dengan kamera digital untuk menghasilkan foto bokeh yang berikutnya adalah dengan memposisikan kamera sedekat mungkin dengan subjek.

8.    Setelah itu, kunci subjek yang ingin di fokuskan dengan cara menekan tombol shutter separuh.
9.    Jika subjek yang terkunci sudah nampak jelas dan background nampak blur, selanjutnya tekan tombol shutter maksimal hingga gambar terbidik.

10.    Tips fotografi dengan kamera digital yang tak kalah pentingnya yaitu dengan mengaktifkan optical zoom. Gunakan zoom maksimal agar subjek nampak sangat jelas. Namun ingat hanya optical zoom dan bukan digital zoom.

Setelah pengambilan gambar selesai, jangan lupa untuk memeriksanya di layar LCD. Jika subjek sudah nampak jelas dan background atau objek nampak blur, maka anda sudah berhasil mempraktikkan tips fotografi dengan kamera digital untuk mendapatkan foto bokeh.
Agar foto bokeh yang anda peroleh dari pemotretan menggunakan kamera digital anda lebih maksimal, cobalah untuk lebih sering berlatih. Karena dengan banyak berlatih maka anda akan menemukan trik atau tips baru yang tentunya membuat hasil foto anda jauh lebih bagus dan menarik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Fotografi Dengan Kamera Digital Agar Menghasilkan Foto Bokeh

0 comments:

Post a Comment