Tips Dan Teknik Fotografi Model Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Sunday, August 28, 2016

Tips Dan Teknik Fotografi Model Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal


Menjadi seorang model merupakan pekerjaan yang terlihat begitu menyenangkan. Anda dapat mengekserikan apa yang di rasakan melalui raut wajah serta pose tubuh.Namun, ketika seorang model sudah bekerja keras dan tidak di imbangi dengan teknik fotografi model yang tidak handal dan sesuai tentu hasilnya akan kurang memuaskan.

Tips Dan Teknik Fotografi Model Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal
Teknik Fotografi Model
Untuk itulah, seorang fotografer harus mengetahui teknik fotografi model dengan seksama. Berikut ini tips dan teknik fotografi model yang harus anda ketahui :

1.    Komposisi
Saat melihat hasil foto seseorang, yang menjadi titik fokus pertama sering kali adalah tatapan sang model. Untuk memperlihatkan hasil terbaik pada sisi tatapan model, teknik fotografi model yang harus anda pelajari adalah teknik rule of thirds.

Yaitu teknik yang akan membuat anda membayangkan frame foto terbagi menjadi 3 bagian secara horizontal dan vertikal. Dan tepat di titik temu kedua garis tersebutlah tatapan sang model harus di tujukan, hal ini sering di sebut dengan point of interest.

2.    Paduan dengan background
Background atau latar belakang merupakan aksen tak kalah pentingnya dalam dunia fotografi. Meskipun hanya sebagai objek, namun pemilihan background yang tepat akan sangat mempengaruhi hasil foto.

Bahkan teknik fotografi model yang berhubungan dengan pemilihan background ini sering kali menjadi pemisah antara hasil foto fotografer amatir dan yang sudah profesional.

3.    Bokeh menarik
Untuk teknik fotografi model yang berikutnya ini justru berbalik dengan teknik nomer 2. Untuk kali ini, anda harus bisa menghasilkan bokeh yang menarik.

Salah satu caranya yaitu dengan memisahkan model sedikit berjauhan dengan background. Kemudian mainkan diafragma lensa yang akan membuat foto terlihat lebih creamy.

Jika teknik ini di lakukan dengan baik dan maksimal, maka bisa menghasilkan foto dengan efek seakan model timbul di foto anda.

4.    Variasikan white balance
Selain harus pandai mengambil gambar, seorang fotografer juga harus pandai dalam mengedit gambar atau foto. Salah satu hal penting saat mengedit yaitu pencahayaan.

Tidak hanya sekedar membuat sang model nampak lebih putih di foto, namun permainan white balance juga bertujuan untuk mengubah kesan foto. Misalnya hasil foto dengan pencahayaan kuning yang akan di ubah dengan efek cloud sehingga menghasilkan foto yang lebih cool.
5.    Pose dengan tangan

Tidak hanya terpusat pada wajah saja, namun kombinasi pose tangan sang model juga dapat menambah daya tarik sebuah hasil foto. Sebenarnya untuk teknik fotografi model yang terakhir ini lebih pada bagaimana sang model pandai mengatur pose.

Dan tugas sang fotografer hanyalah menyempurnakan pose yang sudah di ciptakan sang model. Pose tangan yang tidak berlebihan dan ringan adalah pose yang paling tepat untuk mempermanis hasil foto tanpa merebut titik fokus dari wajah ke tangan.

Bagaimana, apakah anda sudah paham dengan teknik fotografi model di atas? Coba lakukan dan tunjukkan hasil foto terbaik anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Dan Teknik Fotografi Model Untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

0 comments:

Post a Comment