Teknik Shutter Speed Kreatif Pada Fotografi Landscape

Friday, August 26, 2016

Teknik Shutter Speed Kreatif Pada Fotografi Landscape


Foto landscape atau mode foto yang biasanya dilambangkan dengan gambar pemandangan ini memang sebenarnya saling bersangkutan dengan teknik fotografi. Sebab, mode landscape ini biasanya di gunakan untuk memotret panorama.


Keindahan alam yang begitu indahnya tentu akan sangat di sayangkan jika tidak di tampilkan dalam wujud yang luas. Namun, untuk mengekspesikan keindahan ini tentu seorang fotografer harus memiliki teknik agar foto yang di hasilkan bisa lebih menarik.
Teknik Shutter Speed Kreatif Pada Fotografi Landscape
Teknik Shutter Speed Kreatif Pada Fotografi Landscape
Salah satu teknik yang sering di gunakan oleh para fotografer adalah teknik shutter speed. Teknik yang dapat membuat foto nampak lebih dramatisir ini biasanya di lakukan pada beberapa objek. Berikut ini teknik shutter speed kreatif pada fotografi landscape yang di tujukan pada beberapa objek.

1. Air terjun
Salah satu objek yang bisa di bilang selalu membutuhkan teknik Shutter Speed Kreatif pada fotografi landscape adalah air terjun. Aliran air terjun yang biasanya berjalan begitu cepat akan membuat hasil foto kurang menarik jika di lakukan pemotretan dengan mode biasa.
Untuk itulah teknik shutter speed sangat di butuhkan agar aliran air terjun nampak turun dengan lembut yaitu f/22, 2,5 detik, ISO 100, 22 mm. Dan shutter speed yang di gunakan saat memotret air terjun yaitu shutter speed paling lambat. Untuk lebih memudahkan proses pemotretan sebaiknya gunakan tripod.

2. Jejak lampu
Kreatifitas para fotografer memang tidak ada surutnya, bahkan jejak lampu pada jalan rayapun bisa menghasilkan foto yang begitu indah. Namun untuk menghasilkan foto jejak lampu yang memukau, pilihlah jalan raya yang tidak macet.
Karena meskipun anda sudah menggunakan teknik Shutter Speed Kreatif pada fotografi landscape yang sangat rendah, namun kemacetan yang membuat lampu pada mobil tidak bergerak tetap saja akan membuat hasil foto tidak menarik.
Pengaturan aperatur ketika memotret jejak lampu ini antara lain yaitu f/16, 30 detik, ISO 100, 35 mm.

3. Buih di laut
Teknik Shutter Speed Kreatif pada fotografi landscape juga dapat di lakukan pada buih di laut, atau juga pada aliran sungai jika laut jauh dari jangkauan anda. Pemotretan dengan pengaturan aperature mencapai kurang lebih f /8, 10 detik, ISO 200, 26 mm akan menghasilkan buih yang nampak seperti gulungan awan lembut.
Teknik ini akan menghasilkan foto yang lebih sempurna jika di tambah dengan penggunaan filter ND.

4. Pembekuan ombak
Berbeda dengan teknik sebelumnya yang memasang shutter speed terendah, untuk mendapatkan hasil foto pembekuan ombak anda membutuhkan teknik Shutter Speed Kreatif pada fotografi landscape yang cepat.
Semakin panjang rentan lensa dan semakin handal anda mengambil momen, maka foto yang anda peroleh akan semakin dramatis.

5. Star tail
Star tail atau jejak bintang juga dapat di ambil foto dengan teknik Shutter Speed Kreatif pada fotografi landscape. Namun untuk mendapatkan foto star tail yang indah anda harus menemukan langit yang cerah, bersih dari polusi serta tingkat kesabaran tinggi.

Karena teknik ini mengharuskan anda untuk membuka shutter kamera secara berulang kali dan dalam periode yang lama. Tertarik untuk mencoba teknik Shutter Speed Kreatif pada fotografi landscape di beberapa objek tersebut?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Shutter Speed Kreatif Pada Fotografi Landscape

0 comments:

Post a Comment