Teknik Dasar Photograpy Untuk Pemula

Wednesday, August 24, 2016

Teknik Dasar Photograpy Untuk Pemula


Dasar Photograpy - Menjadi seorang fotografer memang terlihat begitu menyenangkan dan tentu saja menarik. Mereka dapat mengapresiasikan apa yang di lihat melalui karya fotonya. Karya foto para fotografer handal inilah yang memicu semangat para pemula untuk belajar teknik dasar photograpy sehingga dapat menjadi fotografer layaknya mereka.

Teknik Dasar Photograpy Untuk Pemula
Lalu apa sajakah teknik dasar photograpy untuk pemula yang harus di pelajari? Berikut ini penjelasan teknik dasar photograpy untuk pemula yang harus anda pelajari :

1.    Rule of thirds
Sebelum membicaraka tentang teknik dasar photograpy untuk pemula, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu rule of thirds. Rule of thirds adalah teknik komposisi yang harus dipelajari tentang tata letak objek.

Pada kamera apa saja pasti akan nampak pengaturan grid, dimana akan nampak 2 garis vertikal dan horizontal. Garis yang membut gambar terbagi menjadi 9 bagian ini berfungsi agar anda bisa mengatur tata letak objek berada di dua pertiga bagian garis-garis tersebut.

2.    Ubah ketinggian kamera dan sudut pandang
Jika biasanya anda mengambil foto dari sudut yang sejajar dengan mata, mungkin ini akan membuahkan hasil yang sudah biasa. Untuk itulah, beranikan diri anda untuk mencoba mengubah sudut pandang dan ketinggian kamera. Anda bisa  mencoba mengambil gambar lebih tinggi atau rendah di banding ketinggian mata anda. Meskipun tidak bisa di lihat dari view fonder, namun teknik dasar photograpy untuk pemula ini dapat melatih daya kreatifitas anda serta melatih kemampuan pengambilan gambar anda. Untuk mempermudah sebaiknya gunakan kamera yang memiliki LCD fleksibel.

3.    Pengaturan ISO, Aperature dan Shutter Speed
Bisa di bilang pengaturan mode ini adalah teknik dasar photograpy untuk pemula yang paling sulit di pelajari. Secara singkat, ISO merupakan penjelas tentang seberapa sensitif sensor kamera anda terhadap cahaya yang ada. Aperatur merupakan penentu focal lenght (angka f atau f/), serta menggambarkan ukuran fisik bukaan lensa. Lalu shutter speed yaitu fitur yang akan mengatur seberapa lama shutter terbuka agar cahaya bisa masuk ke dalam sensor.

4.    Pelajari mode pada kamera
Mode pada kamera ada 3 yaitu, manual, otomatis dan programmed. Manual yaitu mode yang mengharuskan anda mengatur segala pilihan pemotretan. Otomatis yaitu mode yang membuat kamera mengatur dengan sendirinya segala pengaturan tentang pemotretan. Dan programme yaitu mode yang menyiapkan pilihan secara lebih spesifik bagi objek dan teknik tertentu, misalnya olahraga, portrait, kembang api dan lain-lain.

Sedangkan bagi anda pengguna kamera DSLR, maka akan menemui 2 mode lain, yaitu Aperature Value (Av) dan Time Value/Shutter Speed (TV/S). Av akan membiarkan anda mengatur ISO dan shutter speed saat pemotretan baru kemudian  kamera menentukan perhitungan ISO dan shutter speed terbaik. Dan Tv adalah mode yang akan memberikan anda keleluasaan kontrol shutter speed, baru kemudian kamera yang menentukan angka terbaik untuk aperature dan ISO yang di gunakan.
Pahami teknik dasar photograpy untuk pemula   tersebut dan perbanyak mencoba maka anda akan mengetahui teknik-teknik lebih lanjut dari percobaan tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Dasar Photograpy Untuk Pemula

0 comments:

Post a Comment