Inilah Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Benar

Thursday, August 18, 2016

Inilah Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Benar


Membersihkan Lensa Kamera - Lensa adalah salah satu bagian utama kamera yang memiliki fungsi khusus. Setiap penggunaan kamera akan sangat berdampak pada hasil foto yang di peroleh. Terlepas dari fungsi lensa yang begitu penting, perawatan lensa kamera juga harus di perhatikan dengan benar khususnya cara memberishkannya. Ya, cara membersihkan lensa kamera tidak boleh di lakukan sembarangan dengan menggunakan alat yang sembarangan pula.

Inilah Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Benar
Berikut ini alat dan cara membersihkan lensa kamera yang benar :

1.    Blower

Pada dasarnya, blower merupakan alat pembersih yang tidak hanya bisa di gunakan untuk membersihkan lensa namun juga bagian lainnya. Cara membersihkan lensa kamera menggunakan benda berbentuk lonjong dan memiliki lubang kecil ini dapat secara efektif menghilangkan debu secara maksimal.

Selain itu, alat pembersih lensa ini juga aman di gunakan karena membersihkan menggunakan dorongan udara sehingga tidak menyebabkan goresan pada lensa.

2.    Lenspen

Lenspen adalah alat pembersih lensa kamera yang tidak hanya akan membersihkan lensa dari debu, namun juga dari finger print atau tanda bercak jari. Selain itu, lenspen juga dapat di gunakan untuk alat yang menggunakan komponen optik lainnya seperti teleskop, eyepiece, dan lain-lain.
Cara membersihkan lensa kamera menggunakan lenspen ini yaitu dengan menggoreskan lembut lenspen pada lensa kamera yang kotor.

3.    Lens tisu

Jika selama ini anda menggunakan tisu biasa atau tisu wajah untuk membersihkan lensa, hal itu adalah tindakan yang salah. Karena seharusnya anda menggunakan tisu khusus pembersih lensa.
Tisu ini lebih lembut sehingga aman untuk lensa dan tidak akan menyebabkan goresan atau kerusakan lain. Cara membersihkan lensa kamera menggunakan lens tisu ini merupakan salah satu cara paling mudah dan efektif.

4.    Cairan pembersih optik

Sama halnya dengan tisu, ketika anda hendak membersihkan lensa kamera juga jangan sesekali menggunakan sembarang cairan. Gunakan cairan khusus optik yang lembut dan tidak akan menimbulkan goresan pada lensa kamera.

Selain itu, cairan khusus optik juga dapat membuat lensa kamera menjadi bersih lebih lama dan dapat menghalangi debu menempel pada lensa.

Cara membersihkan lensa kamera menggunakan cairan pembersih optik ini jangan langsung oleskan atau semprotkan pada lensa, namun semprotkan terlebih dahulu pada kain mikrofiber, baru kemudian oleskan pada lensa kamera anda.

5.    Kain mikrofiber

Seperti yang sudah di sebutkan dalam point sebelumnya, jika anda membersihkan lensa kamera menggunakan cairan pembersih optik maka dapat di gunakan bersamaan dengan kain mikrofiber.
Meskipun begitu, namun anda juga dapat menggunakan kain mikrofiber untuk membersihkan lensa kamera tanpa menggunakan tambahan cairan pembersih lensa.

Bagaimana, mudah bukan cara membersihkan lensa kamera? Yang terpenting adalah kehati-hatian anda ketika menggunakan alat tersebut, karena lensa kamera merupakan komponen kamera yang sangat rentan terkena goresan. Sehingga jangan sampai anda membersihkannya secara kasar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Cara Membersihkan Lensa Kamera Dengan Benar

0 comments:

Post a Comment