Cara Mudah Belajar Tips Teknik Foto Panning

Sunday, August 14, 2016

Cara Mudah Belajar Tips Teknik Foto Panning


Belajar Tips Teknik Foto Panning - Saat ini, perkembangan dunia fotografi semakin meningkat saja. Banyak teknik baru yang di gunakan fotografer untuk menghasilkan foto yang indah dan unik. Salah sau teknik foto yang sedang banyak di bicarakan adalah teknik foto panning. Foto panning yaitu foto dengan pemotertan dimana kamera mengikuti pergerakan subjek. Sehingga akan menghasilkan foto dengan subjek yang jelas sementara objek atau background menjadi tampak kabur.

Cara Mudah Belajar Tips Teknik Foto Panning
Teknik Foto Panning
Mungkin bagi anda yang belum paham dengan teknik foto panning ini beranggapan bahwa teknik ini akan sulit dipraktikkan. Namun sebenarnya tidak demikian, asalkan anda mengetahui tips teknik foto panning di bawah ini maka anda akan dengan mudah mencoba teknik foto yang satu ini :

1.    Jangan gunakan tripod

Tripod atau alat yang sering kali di sebut dengan kaki kamera ini memang sangat membantu dalam dunia fotografi. Namun dalam teknik foto panning ini, kegunaan tripod sebaiknya di hindari.
Sebaiknya ikuti pergerakan subjek secara manual agar hasil foto panning anda nantinya nampak natural dan luwes. Selain itu, penggunaan tripod juga akan sedikit sulit serta memberikan hasil yang kurang maksimal pada titik fokus subjek.

2.    Set kamera

Tidak hanya alat apa saja yang perlu di gunakan dan tidak perlu di gunakan, namun anda juga wajib mengetahui settingan kamera untuk melakukan teknik foto panning ini.
Agar bisa terfokus pada subjek dan blurkan objek secara maksimal, setting kamera anda pada mode Shutter Priority (S atau Tv).

3.    Set shutter speed

Sebenarnya, teknik foto panning pada set shutter speed ini sifatnya sangat luas dan opsional. Ya, karena settingan shutter speed ini sangat tergantung dengan subjek yang akan di bidik.
Misalnya saja subjeknya orang jogging maka set 1/20 detik, mobil 1/50 detik dan balapan mobil 1/100 detik.

4.    Pilih objek

Meskipun nantinya objek akan di buat nampak blur, namun pemilihan objek juga harus di lakukan dengan baik. Tips agar hasil foto panning bagus, pilihlah objek atau background yang memiliki variasi warna beragam sehingga meskipun nampak blur akan tetapi tetap terlihat menarik.

5.    Tekan rekease

Untuk mendapatkan titik fokus pada subjek secara maksimal, saat mengikuti pergerakan subjek sebaiknya tekan tombol release setengah saja. Teknik foto panning yang satu ini haru benar-benar anda terapkan, sebab hal ini akan sangat mempengaruhi ketajaman subjek (fokus).

6.    Tekan release maksimal

Setelah menekan setengah tombol release ketika mengikuti pergerakan subjek, teknik foto panning berikutnya yaitu dengan menekan tombol release untuk pengambilan eksposur.
Penekanan maksimal tombol release ini sebaiknya di lakukan ketika pergerakan tangan sudah seirama dengan pergerakan subjek.

Mudah bukan teknik foto panning? Setelah mengetahui tips di atas saatnya untuk mencoba. Sebab anda tidak akan pernah bisa jika tak pernah berani mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Belajar Tips Teknik Foto Panning

0 comments:

Post a Comment