Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar Agar Awet

Monday, August 22, 2016

Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar Agar Awet


Merawat Kamera DSLR- Selain harus mengetahui cara penggunaannya yang benar, kamera DSLR yang anda miliki juga harus di rawat dengan baik. Selain bertujuan agar kamera lebih tidak mudah rusak, perawatan yang baik juga bertujuan agar kinerja kamera DSLR bisa bagus dalam jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar Agar Awet

Lalu bagaimanakah cara merawat kamera DSLR yang benar? Berikut cara merawat kamera DSLR yang benar dan tepat :

1. Jauhkan kamera anda dari air dan benda basah, karena air dapat menimbulkan kelembaban di komponen internal kamera dan menyebabkan kerusakan. Jika anda memiliki kamera jenis waterproof atau water sealed juga sebaiknya hindari kamera berada di benda berair dalam jangka waktu yang lama.

2. Selalu bersihkan lensa. Tujuan membersihkan lensa yaitu agar hasil bidikan gambar terlihat jelas ketika dalam posisi viewfinder. Untuk membersihkan lensa kamera jangan sekali-kali langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa, namun semprotkan terlebih dahulu ke mikrofiber baru usapkan pada lensa.

3. Matikan sebelum mengeluarkan baterai atau memori card. Kenapa harus begitu? Karena saat kamera dalam keadaan menyala dan ada langsung mengambil salah satu dari 2 komponen tersebut komponen internal kamera yang mungkin masih bekerja bisa mati secara mendadak dan menyebabkan kerusakan.

4. Selalu strap kamera ketika hendak di bawa bepergian. Jika anda tidak nyaman dengan strap yang di dapatkan ketika membeli kamera, maka bisa beli strap yang lebih nyaman di gunakan.

5. Jangan sekali-kali meninggalkan kamera di dalam mobil, terlebih lagi mobil yang terkena paparan sinar matahari. Karena kamera rentan dengan suhu yang tidak normal (terlalu tinggi atau rendah).

6. Setelah anda melakukan pemotretan di dekat laut, sebaiknya segera bersihkan kamera menggunakan lap yang dibasahi air. Ini berguna untuk menghilangkan garam yang menempel, dimana kandungan garam laut bisa membuat komponen logam pada kamera mengalami korosif.

7. Saat bagian kamera yang dapat bergerak sedang macet, seperti lensa, tombol, dial, engsel pintu baterai, memory card, focusing ring dan putaran zoom lensa jangan sekali-kali untuk memaksakan memutarnya.

8. Cek keberadaan debu pada sensor kamera DSLR anda. Jika saja terdapat debu, maka segera bersihkan menggunakan blower. Dan jika debu tidak juga hilang setelah di bersihkan menggunakan blower maka segera bawa ke service senter.

9.    Simpan kamera di tempat yang kering dan tidak mendapatkan cahaya matahari langsung. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa air dan cahaya matahari yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada kamera.

Mudah bukan cara merawat kamera DSLR? Jangan sampai anda mengabaikan cara merawat kamera DSLR tersebut dan menjadikan kamera anda cepat rusak.

Sebab apa saja yang bagus dan berkualitas tetap saja akan cepat rusak jika tidak di rawat dengan baik, termasuk kamera DSLR.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar Agar Awet

0 comments:

Post a Comment