Cara Menggunakan Mesin Cuci Yang Benar

Monday, August 1, 2016

Cara Menggunakan Mesin Cuci Yang Benar


Mesin cuci merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mencuci pakaian. Mesin cuci saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian besar orang sebagai alat untuk membantu memudahkan pekerjaan rumah tangga. Kebanyakan orang sudah mengetahui dan terbiasa dengan penggunaan mesin cuci, namun bagi anda yang baru memiliki mesin cuci, mungkin mengalami kesulitan untuk mengoperasikannya.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Yang Benar

Sebenarnya tidak ada cara menggunakan mesin cuci yang khusus, semuanya bisa dilakukan dengan mudah, tanpa keahlian. Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai cara menggunakan mesin cuci, di bawah ini adalah ulasannya.

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur tombol pembuangan pada mode wash bukan drain.
2. Kemudian yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah memisahkan pakaian yang mudah luntur dari pakaian yang lainnya. Anda bisa mencuci pakaian yang mudah luntur setelah mencuci pakaian lainnya. Agar pakaian anda tidak terkena luntur.
3. Siapkan ember berisi air, kemudian campurkan dengan detergen. Takaran detergen dan air bisa disesuaikan dengan aturan yang terdapat pada bungkus detergen. Kemudian aduk hingga detergen larut di dalam air.
4. Maukan air campuran detergen ke dalam mesin cuci, setelah itu masukan air bersih sebanyak kurang lebih sepertiga tabung mesin cuci.
5. Masukan pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci, setelah itu tunggu hingga kurang lebih 30 menit untuk mengangkat kotoran yang menempel pada pakaian. Usahakan jumlah pakaian tidak melebihi sepertiga tabung mesin cuci, agar mesin cuci bisa berputar dengan maksimal.
6. Setelah pakaian direndam di dalam mesin cuci selama kurang lebih 30 menit, masukan kabel penghubung listrik dari mesin cuci ke stopkontak. Selanjutnya aturlah tombol timer pemutar otomatis. Posisikan setengah lingkaran, setelah itu diamkan hingga mesin cuci mati dengan sendirinya.
7.Jika mesin sudah benar-benar mati, periksalah pakaian di dalam mesin cuci, apakah sudah benar-benar bersih atau belum. Jika belum, ulangi lagi proses pencucian dengan mengatur timer otomatis seperti sebelumnya.
8. Setelah proses mencuci sudah selesai, selanjutnya buanglah air yang ada di dalam mesin cuci dengan memutar tombol dari wash ke posisi drain.
9. Setelah semua air yang ada di dalam mesin cuci terbuang, putar kembali tombol ke posisi wash.

Demikian adalah cara menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian, sebenarnya cara yang dilakukan cukup sederhana. Biasanya cara penggunaan mesin cuci sudah dijelaskan dengan detail di buku manual yang diberikan saat anda membeli mesin cuci. Ada beberapa cara yang berbeda pada setiap mesin cuci, oleh sebab itu membaca buku panduan sangatlah penting.
Pada mesin cuci yang memiliki pengering, pasti terdapat panduan untuk mengeringkan pakaian. Jangan sungkan untuk membacanya. Semoga informasi mengenai cara menggunakan mesin cuci ini bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menggunakan Mesin Cuci Yang Benar

0 comments:

Post a Comment