Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar

Saturday, August 20, 2016

Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar


Cara Menggunakan Kamera DSLR - Untuk menghasilkan foto yang indah, tentu mengharuskan teknik pemotretan yang baik. Bagi para fotografer handal mungkin hal ini sudah bukan menjadi masalah, namun bagaimanakah dengan orang awam yang tidak mengetahui teknik-teknik fotografi?
Saat ini telah muncul kamera digital yang memudahkan penggunanya untuk membidik subjek secara lebih maksimal. Kamera digital yang memiliki kualitas baik yaitu DSLR, DSLR sendiri merupakan kependekan dari Digital Single Lens Reflex.

Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar
Cara menggunakan kamera DSLR ini lebih mudah di bandingkan dengan kamera SLR. Namun bagi para pemula, tetap harus mengetahui teknik atau cara menggunakan kamera DSLR yang baik agar hasil foto yang di ambil nantinya bisa maksimal.

Berikut ini cara menggunakan kamera DSLR untuk pemula :

1.    Aktifkan kamera

Cara mengakifkan kamera sangalah mudah, yaitu hanya dengan menekan tombol on. Namun setelah mengaktifkan kamera, cara menggunakan kamera DSLR yang tak kalah penting adalah dengan mengecek titik fokus lensa.

Titik fokus kamera ini bisa di lihat melalui viewfinder. Untuk para pemula melihat titik fokus melalui viewfinder lebih di sarankan agar mata anda lebih terlatih menguasai objek yang akan di fokuskan.

2.    Atur menu kamera

Ketika mengaktifkan kamera DSLR anda bisa melihat menu kamera yang terdapat pada LCD. Dan sebelum melakukan pemotretan, sebaiknya lakukan pengaturan menu terlebih dahulu.
Pengaturan menu dalam cara menggunakan kamera DSLR ini bertujuan agar hasil foto yang di peroleh nantinya sesuai dengan yang di inginkan.

Beberapa pengaturan yang dapat anda lakukan antara lain adalah pengaturan ISO, white balance, diafragma, shutter speed dan masih banyak lainnya. Bagi anda yang menginginkan subjek bergerak, pengaturan shutter speed adalah yang paling utama.

3.    Bidik objek

Setelah melakukan pengaturan pada beberapa aspek kamera, cara menggunakan kamera DSLR berikutnya adalah membidik objek. Cara membidik objek sendiri sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu menekan tombol shooting.

Namun sebelum itu, anda harus menentukan pencahayaan yang tepat terlebih dahulu. Selain itu, angel yang tepat juga akan mempengaruhi keindahan hasil foto.

4.    Gunakan fokus otomatis

Bagi anda yang enggan mengatur fokus secara manual, maka bisa atur kamera dengan mode fokus otomatis. Pengaturan fokus otomatis ini bisa membantu anda mendapatkan titik fokus subjek secara otomatis dan efektif.

Untuk mengetahui fokus otomatis aktif ataupun tidak, bisa di lakukan dengan cara menekan setengah tombol shooting.

5.    Perhatikan 4 elemen utama fotografer

4 elemen yang perlu di perhatikan sebelum mengambil foto yaitu pencahayaan, komposisi, sudut pengambilan atau angle, dan momen yang palung tepat untuk membidik. Ke 4 elemen ini harus di perhatikan dengan baik agar hasil foto yang di peroleh bisa maksimal. Tidak sulit bukan cara menggunakan kamera DSLR? Setelah mengetahui teknik dan caranya, saatnya untuk praktik dan lihat hasil pemotretan anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar

0 comments:

Post a Comment