Tips Merawat Mesin Cuci Yang Benar

Saturday, July 30, 2016

Tips Merawat Mesin Cuci Yang Benar


Setiap benda memerlukan perawatan yang benar untuk menambah masa fungsinya dan mengurangi resiko kerusakan. Terlebih lagi alat elektronik, dalam hal ini adalah mesin cuci. Mesin cuci memerlukan perawatan yang benar agar lebih awet dan kinerjanya tetap bagus.

Ada beberapa tips merawat mesin cuci yang benar yang bisa anda lakukan agar mesin cuci anda tetap awet dan bekerja dengan baik. Selain buku panduan cara menggunakannya, mungkin anda juga diberikan buku panduan cara perawatannya. Terlebih lagi jika mesin cuci anda bekerja setiap hari, resiko kerusakan semakin besar. Namun jika anda merawat mesin cuci dengan benar, anda bisa meminimalisir terjadinya kerusakan tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tips merawat mesin cuci yang benar.

Tips Merawat Mesin Cuci Yang Benar
1. Bersihkan Karet Pintu dan Pintu Mesin Cuci
Tips merawat mesin cuci yang benar dan perlu anda lakukan yang pertama adalah membersihkan karet pintu dan pintu mesin cuci. Anda bisa membilasnya dengan air bersih dan kain yang lembut. Untuk menghilangkan dan menghindari bau tidak sedap, anda bisa sedikit membuka pintu mesin cuci setelah digunakan. Cara ini sekaligus sebagai anti bakteri dan jamur.

2. Membersihkan Laci Detergen Secara Berkala
Selain bagian pintu, tips merawat mesin cuci yang benar selanjutnya perlu anda lakukan di bagian laci. Laci adalah bagian mesin cuci yang perlu dibersihkan secara berkala, untuk membersihkan laci detergen anda harus mengeluarkan laci dari tempatnya. Anda bisa melepaskan pengaitnya dan menarik dengan cukup kuat, supaya laci dapat terlepas dari stoper. Setelah terlepas, bersihkan laci dengan air yang mengalir, lalu bilas dengan kain yang kering.

3.Mengosongkan Air
Anda perlu melakukan tindakan yang tepat jika terjadi kendala saat anda menggunakan mesin cuci. Misalnya saja saat tiba-tiba listrik padam saat proses mencuci pada mesin cuci sedang berjalan. Sebagai solusinya, anda harus mengosongkan air di dalam mesin cuci.

4. Bersihkan Pump Filter
Tips merawat mesin cuci yang benar selanjutnya adalah dengan membersihkan pump filter. Untuk membersihkan pump filter, sebaiknya anda memastikan mesin cuci dalam keadaan kosong, tidak ada air di dalamnya sama sekali. Yang tidak kalah penting anda perhatikan adalah, anda harus memastikan aliran listrik sudah terputus saat anda hendak membersihkannya.

5. Membersihkan Filter Pemasukan Air
Tips merawat mesin cuci yang benar dan tidak kalah penting adalah membersihkan filter pemasukan airnya. Anda perlu membersihkan filter secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

6. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Aturan
Dalam penggunaan mesin cuci, sebaiknya anda mengikuti aturan yang dituliskan dalam buku panduan. Hal ini untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan akibat kesalahan sistem.
Demikian adalah beberapa cara merawat mesin cuci yang benar. Semua alat elektronik memerlukan perawatan yang benar untuk menghindari kerusakan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Mesin Cuci Yang Benar

0 comments:

Post a Comment