Spesifikasi dan Harga Kamera Olympus Pen E 2016

Sunday, June 26, 2016

Spesifikasi dan Harga Kamera Olympus Pen E 2016


Kali ini saya akan menyampaikan review kamera Olympus E-PL5 dengan lensa kit 14-42mm yang di pasaran di jual dengan harga 7 jutaan.  Apakah kamera yang harga dan juga fiturnya berimbang dengan rata-rata kamera DSLR untuk pemula ini mampu mengesankan anda? Mari kita simak saja ulasannya.

Spesifikasi dan Harga Kamera Olympus Pen E 2016
Kamera Olympus Pen E 2016
Kamera yang diuji kali ini termasuk ke dalam kelompok mirrorless compact, dengan cirinya ukuran yang kecil, sensor ukuran besar dan dapat menerima lensa apa saja. Sekedar mengenal posisi kamera ini ada di lini Olympus Pen, E-PL5 adalah Lite (menengah), dibawah E-P5 adalah kamera Pen kasta tertinggi. Dibawah E-PL5 masih ada seri yang lebih mendasar yaitu Pen-Mini. Sebelum E-PL5 hadir, terdapat produk lama contohnya E-PL3. Peningkatan dari E-PL3 ke E-PL5 adalah dalam hal megapiksel, ISO maksimum, kecepatan tembak dan layar sentuh.

Tinjuan bodi dan lensa

Dilihat dari depan saat belum dipasang lensa adalah mount dan juga sensor  yang terlihat dominan, kemudian di pojok atas terdapat lampu kecil untuk self timer ataupun lampu bantuan fokus. Dari atas dapat dilihat terdapat dudukan lampu kilat eksternal, roda mode dial PASM, tombol jepret dan juga tombol on-off. Masih di atas tapi sedikit ke belakang ada tombol playback, tombol delete, colokan untuk aksesori, tombol Fn, tombol magnify dan juga tombol langsung untuk merekam video.

Di belakang terdapat layar LCD lipat yang aspek rasionya 16:9 dan terasa sekali dominasinya, hanya tinggal tersisa sedikit ruang di sebelah kanan untuk aneka macam tombol dan roda kendali. Di sisi kanan terdapat pintu kecil untuk colokan mikro HDMI dan juga mikro USB, kemudian di bawah terdapat pintu untuk baterai , kartu SD dan lubang untuk memasangkan tripod.

Ketika digenggam, kamera dengan bobot 300 gram ini terasa mantap karena cukup berat, terdapat grip di depan dan ada tonjolan untuk bisa menahan jempol di belakang. Saat mencoba melipat layar LCD, kami menemukan sudut lipatannya sangat berguna karena dapat ke bawah atau layar dilipat sampai menghadap ke atas.

Lensa kit yang disediakan cukup kecil, memiliki rentang fokal 14-42mm dan rentang diafragma f/3.5-5.6. Di lensa tertulis jarak fokus minimum adalah 25cm hingga infinity. Ada ring untuk bisa manual fokus di lensa, tapi prinsip kerjanya memakai elektronik. Ada tuas untuk bisa mengunci lensa juga.

Kinerja dan pemakaian

Kamera E-PL5 ini terasa responsif mulai dari awal waktu start-up, shutter lag, shot-to-shot sampai hasil foto semuanya terasa cepat. Urusan kecepatan fokus di Olympus juga dikenal cepat walau berbasis deteksi kontras. Di tempat yang agak gelap, kinerja auto fokus akan sedikit menurun tapi masih tergolong cepat.

Kesimpulan

Kesimpulan kamera Olympus E-PL5 plus lensa kit adalah dengan segala kelebihan dan juga fiturnya sebetulnya sepadan dengan harga jualnya yang ada di kisaran 7 jutaan. Anda mendapatkan kamera berdesain keren, hasil foto yang bagus, kinerja tinggi dan dapat banyak kustomisasi tombol dan juga fitur lanjutan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Spesifikasi dan Harga Kamera Olympus Pen E 2016

0 comments:

Post a Comment