Pelajari Teknik Fotografi Untuk Hasil Yang Gambar Bagus

Monday, May 2, 2016

Pelajari Teknik Fotografi Untuk Hasil Yang Gambar Bagus


Ingin Jepretan Bagus? Pelajari Teknik Dasar Fotografi Dahulu - Mempunyai hobi memotret tentu tidak akan lepas dari kamera sebagai media untuk mengambil gambar. Kamera yang biasanya di gunakan dalam dunia fotografi yaitu kamera DSLR. Yaps, kamera tersebut memiliki teknologi canggih dan di klaim sebagai kamera yang berbasis pengaturan yang lengkap.


Untuk menghasilkan hasil jepretan yang bagus, bukan sekedar hanya menekan tombol shutter saja. Anda harus mengetahui dan memahami teknik dasar fotografi terlebih dahulu. Untuk membantu anda dalam membuat hasil jepretan yang menarik, berikut beberapa teknik dasar fotografi yang bisa anda padukan dengan kamera kesayangan anda.


1. Cara Menekan Tombol Shutter
Tombol shutter yaitu tombol yang di gunakan untuk mengambil gambar. Anda harus memperhatikan cara menekan tombol shutter pada kamera anda. Caranya,  anda harus menekan setengah dari tombol shutter tersebut. Dengan demikian, fokus akan bekerja secara otomatis untuk mengunci obyek yang akan anda bidik sehingga gambar akan tampak fokus tanpa bluring.

2. Mengenal Eksposur
Eksposur (ekposure) berarti pencahayaan. Eksposur ini merupakan kesatuan inti pada dunia fotografi, karena teknik dasar fotografi terhadap eksposur berperan penting dalam menentukan kualitas foto anda. Memang pada kamera terdapat eksposur auto yang dapat bekerja secara otomatis. Namun sayangnya, fasilitas tersebut bekerja hanya sesuai kehendak program dan akan menghasilkan gambar yang tidak sesuai dengan keinginan. Oleh sebab itu, gunakan saja eksposur dalam keadaan manual, sehingga dapat di bentuk sesuai harapan anda.

3. Tentang Lensa
Lensa  pada kamera DSLR berfungsi untuk memfokuskan cahaya, hingga cahaya tersebut mampu membakar film. Umumnya sebuah lensa di bagi menjad dua jenis, yaitu lensa zoom dan lensa fix. Lensa zoom yaitu lensa yang mempunyai rentang pada focal length yang bisa di sesuaikan sesuai keinginan. Sedangkan lensa fix yaitu jenis lensa yang hanya memiliki focal length tunggal sehingga tidak dapat di ubah-ubah lagi kegunaannya. Sehingga anda perlu berjalan maju atau mundur untuk mengendalikan obyek.

4. Mengenal Sudut Pandang (Angle)
Angle pada suatu obyek juga mempengaruhi hasil bidikan anda. Hal ini juga juga merupakan salah satu teknik dasar fotografi yang harus di perhatikan. Terdapat  beberapa angle yang bisa anda gunakan salah satunya eye level. Eye level sering disebut dengan normal angle karena posisi yang di gunakan harus sejajar dengan obyek yang akan di bidik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pelajari Teknik Fotografi Untuk Hasil Yang Gambar Bagus

0 comments:

Post a Comment