Mengenal Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

Saturday, April 2, 2016

Mengenal Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi


lensa kamera
Source Foto : http://tub.tubgit.com
Info singkat : Lensa adalah sebuah alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya.

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi

Sebagai pemula dunia fotografi adalah hal yang sangat menyenangkan, seperti misalnya minggu lalu Anda telah membaca sedikit pembahasan tentang  :

Untuk melanjutkan pembelajaran akan dunia fotografi, maka minggu ini Anda akan mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi.
mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi

Awal mula Lensa

Sebelum ke topik utama minggu ini, Anda harus tahu dasar awal dari Lensa. menurut catatan wikipedia lensa bermulai dari sebuah sandiwara Aristophanes The Clouds pada tahun 424 sebelum masehi, pada saat itu ia menyebutkan bahwa sebuah lensa dipergunakan untuk memfokuskan cahaya matahari untuk menciptakan api.
Seperti yang terlihat pada gambar disamping ini , gambar pada disamping ini ialah bernama lensa kamera mirrorless. lensa ini adalah sebuah Mirrorless Interchangeable Lens Camera (MILFC) yang sistemnya masih terbilang baru.
Hal ini membuktikan bahwa lensa sudah mengalami pengembangan dari zaman ke zaman. 

Jenis jenis lensa

Sebelum menjadi seorang fotografer, setidaknya Anda harus mengetahui jenis jenis lensa, agar suatu saat Anda tidak sulit mengenali jenis lensa apa yang sedang dipakai. Menyadari hal itu, berikut beberapa jenis dari sebuah lensa yang bisa Anda kenal sebagai bahan belajar fotografi.

Lensa cepat (fast lens)

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi

Lensa cepat merupakan lensa yang memiliki nilai tingkap tunggal yang merupakan nilai maksimumnya. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, gambar diatas merupakan jenis lensa cepat ( fast lens) yang bernama Carl Zeiss Planar 50mm f/0.7 lensa Carl Zeiss Planar 50mm f/0.7 ini merupakan lensa yang jumlah produksinya terbatas, dan hanya digunakan oleh badan antariksa NASA.

Lensa lambat

Berbeda dengan Lensa cepat, Lensa lambat digunakan untuk mengimbangi pengaturan pada kecepataan bukaan rana sangat rendah di badan kamera.

Lensa Makro (macro lens)


Hasil jepretan Lensa makro , Foto :  arief - malang
Lensa makro merupakan jenis lensa khusus yang didesain panjang fokus yang sangat pendek. Lensa ini digunakan untuk menangkap detail maksimal dari suatu objek. Banyak digunakan untuk foto-foto produk dan sains. Lensa makro dirancang untuk menghasilkan gambar sesuai dengan ukuran asli atau lebih besar dengan rasio 1:1 hingga 1:10.

Lensa fokus tunggal (fixed focus lens)

Jenis jenis lensa

Lensa fokus tunggal merupkan lensa dengan bidang fokus tunggal, lensa ini biasanya disetel pada jarak hiperfokal. Lensa fokus tunggal didesain untuk mencapai jarak fokal yang maksimum, sehingga kedalaman ruang dapat mencapai rentang dari jarak dekat hingga jarak terjauh (jarak hiperfokal).

Lensa parfokal (true zoom lens)

Jenis jenis lensa
Lensa parfokal adalah sebuah lensa yang mempertahankan ketajaman bidang fokusnya walaupun terjadi perubahan panjang fokus lensa.

Lensa fokus halus 

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi
Lensa dengan aberasi speris.Sebuah lensa fokus halus didesain untuk menimbulkan efek blur tersebut namun tetap menjaga ketajaman setiap garis dari subyeknya. Efek soft focus yang ditimbulkan oleh lensa ini tidak sama dengan efek out of focus yang disebabkan posisi subyek di luar bidang fokus.

Lensa sudut lebar

 

Lensa jenis ini dapat digunakan untuk menangkap subjek yang luas dalam ruang sempit. Karakter lensa ini adalah membuat subjek lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan lensa jenis ini, kita dpat memotret lebih banyak orang yang berjejer jika dibandingkan dengna lensa kit (standar) di dalam ruangan.

Lensa mata ikan

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi

lensa ini merupakan lensa Wide Angle dengan diameter 8 mm, 10 mm, 14 mm, 15 mm, 16 mm. Lensa ini memberikan pandangan 180 derajat. Gambar yang dihasilkan dari lensa ini akan cenderung melengkung, terdistorsi menjadi oval dan terlihat seperti gepeng.

Lensa tele

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi
Lensa tele merupakan kebalikan dari lensa Wide Angle. Fungsi lensa ini untuk mendekatkan subjek, namun mempersempit sudut pandang. Yang termasuk lensa tele adalah lensa berukuran 70 mm ke atas. Karena sudut pandangannya sempit, lensa tele akan mengaburkan pandangan sekitarnya. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karenan lensa tele memang di gunakan untuk mendekatkan pandangan dan memfokuskan pada objek yang di tujunya. Lensa ini digunakan oleh fotografer untuk memotret objek dari jarak jauh, seperti foto candid atau landscape.

Lensa variabel

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi
Lensa variabel adalah lensa yang tidak dapat mempertahankan bidang fokus pada saat terjadi perubahan panjang fokus karena posisi bidang fokal juga ikut tergeser, sehingga diperlukan pemfokusan ulang setiap terjadi perubahan panjang fokus.

Lensa superzoom (focal length factor)


mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi
lensa superzoom adalah lensa fotografi dengan faktor panjang fokus yang sangat besar, lebih besar dari 4x.

Lensa tetap (fixed lens)

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi
Lensa Nikkon 35mm f/2 AF-D
Lensa tetap adalah lensa dengan panjang fokal yang tidak dapat diubah, dalam arti ketika ingin memperbesar atau memperlebar jangkauan objek yang ingin difoto, Anda harus melakukan zooming secara manual yakni menggunakan kaki alias maju mundurkan badan. Tentu berbeda dengan lensa zoom yang terdapat grip untuk melakukan zooming pada kamera, sehingga Anda tidak perlu maju-mundur untuk memperbesar atau memperlebar objek.

Lensa normal

mengenal jenis lensa kamera dalam dunia fotografi
Pentax 43mm f/1.9 adalah lensa fix normal yang sangat akurat di jaman film, dan masih bisa dipakai di era digital. Tapi sayangnya, Kamera DSLR Pentax tidak ada yang bersensor full frame, sehingga saat dipasang di kamera DSLRnya, menjadi tidak normal lagi karena terkrop 1.5X. SOURCE : infofotografi.com
Lensa normal adalah sebuah lensa yang memetakan citra yang nampak seperti perspektif pandang normal mata manusia. Pemetaan perspektif tersebut didapat karena panjang fokus lensa sebanding dengan jarak diagonal bidang fokal dengan sudut pandang diagonal sekitar 53 derajat.
Dengan mengenal beberapa jenis lensa Anda dapat mudah memahami fungsi serta kegunaannya, untuk memperdalam ilmu fotografi Anda silahkan kunjungi terus kamerafotograferblogspot.com . Sampai Jumpa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Jenis Lensa Kamera Dalam Dunia Fotografi

0 comments:

Post a Comment