Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamuran

Thursday, April 28, 2016

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamuran


Cara Merawat Kamera DSLR - Mempunyai hobi fotografi tentu tidak akan lepas dari senjata utamanya yaitu kamera DSLR. Yaps, karena senjata itulah seorang fotografer dapat mengambil gambar sesuai dengan keinginan sehingga dapat menghasilkan foto terbaiknya. Oleh karenanya di butuhkan cara merawat kamera DSLR agar senjata tersebut selalu dalam keadaan bagus saat di gunakan.

Merawat Kamera DSLR
Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamuran

Mengingat komponen dari kamera DSLR memang sangat sensitive, butuh ketelitian dan kehati-hatian dalam merawat benda tersebut. Berikut cara merawat kamera DSLR yang baik dan benar agar kamera anda tidak jamuran.

Pasang Screen Protector LCD dan Filter UV Pada Lensa


Perawatan dasar cara merawat kamera DSLR yaitu anda harus memasang screen protector pada layar LCD kamera anda. Hal ini memang terdengar sepele, namun sebenarnya fungsi screen protector yaitu sebagai pelindung LCD agar tidak terkena goresan. Jika layar LCD anda tergores, maka akan mempengaruhi saat anda menampilkan hasil gambar di layar LCD. Begitu juga dengan lensa yang merupakan komponen terpenting dalam pengambilan gambar. Filter UV juga penting di gunakan untuk mengurangi pancaran sinar ultraviolet yang tertangkap lensa.

Bersihkan Bodi Kamera dan Lensa Setelah Selesai Digunakan

Sehabis digunakan, anda wajib membersihkan bodi kamera dan lensa anda sebelum anda simpan. Cara merawat kamera DSLR yang satu ini di fungsikan agar pada saat keadaan disimpan, kamera DSLR dan kamera tersebut dalam keadaan bersih dan terbebas dari debu maupun kotoran lainnya. Bersihkan semua bagian kamera menggunakan cleaning set yang terdiri dari blower, lens pen, dan lap lensa. Mulailah membersihkan bodi kamera menggunakan blower, kemudian gunakan kain lembut untuk mengelapnya. Setelah itu lanjutkan dengan membersihkan lensa menggunakan khusus secara lembut.

Lepaskan Baterai Pada Bodi Kamera Saat Di Simpan

Jika sedang disimpan, sangat penting untuk melepaskan baterai dan lensa dari bodi kamera. Cara merawat kamera DSLR ini di lakukan untuk menghindari kemungkinan adanya aliran listrik pada saat semua komponen terhubung yang dapat mengakibatkan kerusakan fungsi elektrik dalam kinerja kamera. Untuk penyimpanan pada waktu yang lama, anda sebaiknya juga melepas kartu memori eksternal. Itulah beberapa cara merawat kamera DSLR agar kamera anda tetap dalam kondisi bagus.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Kamera DSLR Agar Terhindar Dari Jamuran

0 comments:

Post a Comment