Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Benar

Wednesday, April 20, 2016

Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Benar


Menggunakan Kamera DSLR - Banyaknya menu yang terdapat pada kamera DSLR kerap membuat bingung para pecinta dunia fotografi, terutama untuk mereka yang masih belajar dan masih terbilang pemula. Hal tersebut tentu akan menghambat proses pengambilan foto sehingga foto akan terlihat tidak maksimal.

Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Bena

Nah, untuk membantu anda menjawab persoalan tersebut, berikut cara menggunakan kamera DSLR yang benar agar terlihat bagus dan menarik :

Aktifkan Kamera

Cara menggunakan kamera DSLR yang pertama yaitu anda harus mengaktifkan kamera pada posisi on dengan cara menekan tombol tersebut. Setelah kamera aktif, anda harus mengecek fokus kamera dengan melihat suatu obyek melalui viewfinder. Bagi anda yang pemula biasakan untuk melakukan hal tersebut dan jangan melihat obyek foto langsung pada monitor LCD  agar nantinya dapat menguasai obyek yang akan anda foto.

Mengatur Menu Kamera

Pada layar monitor LCD kamera DSLR anda biasanya terdapat menu setting mulai dari pengaturan ISO, format gambar, diafragma, shutter speed, white balance dan ukuran gambar.
Yang harus anda lakukan pertama kali anda harus mengatur shutter yang nantinya foto yang di hasilkan tidak blur. Setelah  mengatur shutter speed, anda harus mengecek bagian diafragma. Perlu di ingat, karena kinerja shutter speed dan diafragma ini berkaitan, maka anda harus mengatur agar kedua pengaturan tersebut berjalan dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan juga anda harus menguasai ISO dan juga exposure sesuai dengan obyek dan elemen-elemen di sampingnya.

Bidik Obyek Yang Diinginkan

Setelah semua pengaturan sesuai, bidik obyek yang akan anda foto. Pada saat inilah cara menggunakan kamera DSLR ini di uji. Keahlian dalam menentukan angle sudut pandang ini akan menjadikan obyek yang biasa menjadi lebih artistic.

Gunakan Focus Otomatis

Anda juga bisa menggunakan fokus otomatis untuk menghasilkan foto yang tajam dan jelas tanpa perlu repot mengatur fokus tersebut. Caranya, anda dapat menekan setengah tombol shooting untuk mengetahui apakah obyek yang akan di foto fokus atau tidak.

Perhatikan Empat Elemen Utama Dalam Fotografi

Saat membidik obyek yang akan anda ambil, elemen penting dalam fotografi ini tidak boleh anda lewatkan seperti pencahayaan, sudut pengambilan, komposisi dan momen yang tepat untuk melakukan pengambilan.

Itulah beberapa cara menggunakan kamera DSLR yang bisa anda coba agar nantinya hasil jepretan anda menghasilkan foto terbaik. Selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini Cara Menggunakan Kamera DSLR Yang Benar

0 comments:

Post a Comment