Begini Cara Mengambil Foto Yang Bagus

Monday, April 18, 2016

Begini Cara Mengambil Foto Yang Bagus


Begini Cara Mengambil Foto Yang Bagus, Setiap orang menginginkan hasil jepretannya selalu bagus pada saat memotret. Namun ada kalanya, anda sering melupakan beberapa teknik yang dapat berpengaruh pada hasil jepretan. Untuk para pemula dan fotografer senior, tips di bawah ini dapat anda terapkan untuk membantu dalam dunia fotografi. Berikut cara mengambil foto yang bagus agar jepretan anda terlihat apik :

Begini Cara Mengambil Foto Yang Bagus

1.    Mengkomposisikan Subyek (Rule Of Third)

Hal dasar yang harus anda lakukan sebagai cara mengambil foto yang bagus yaitu bagaimana anda dalam menempatkan suatu subjek dibandingkan dengan elemen-elemen lain ketika akan mengambil gambar. Kebanyakan fotografer pemula memposisikan subyek hanya berada di tengah saja. Untuk membuat sesuatu yang berbeda cobalah membuat garis imajiner yang membagi foto menjadi tiga bagian. Kemudian letakkan subyek pada sepertiga garis tersebut namun jangan berada di tengah. Hal tersebut akan membuat kesan dinamis pada foto.

2.    Sudut Pengambilan Gambar (Angle Of View)

Cara mengambil foto yang bagus tidak harus terpaku pada gambar yang posisnya setinggi pada saat anda berdiri. Anda bisa mencoba dengan mengambil gambar dari sudut pandang yang berbeda. Anda bisa menempatkan gambar pada posisi lebih rendah (low angle) atau dari posisi lebih tinggi (high angle). Carilah posisi tersebut yang memungkinkan, misalnya anda bisa sambil berbaring dan menggunakan tangga atau kursi. Dengan begitu, anda akan mendapatkan banyak pilihan foto sehingga dapat menentukan foto terbaik anda.

3.    Mengunci Titik Fokus (Focus Lock)

Mengunci titik focus pada tombol shutter yang anda tekan setengahnya juga bisa anda gunakan sebagai cara mengambil foto yang bagus. Setelah anda menekan setengah dari tombol shutter tersebut, anda bisa mnengkomposisikan ulang foto sesuai dengan keinginan anda. Jika sudah pas, anda bisa menekan tombol shutter sepenuhnya. Cara ini dipercaya efektik membuat hasil jepretan menjadi focus pada subyek yang anda ambil dan membuat bagian yang tidak focus menjadi bluring.

4.    Manfaatkan Flash

Pada beberapa kondisi, flash sangat membantu untuk meningkatkan kualitas hasil dari jepretan anda. Misalnya pada siang hari, flash sangat membantu untuk menghilangkan bayangan di bawah hidung maupun mata. Walaupun fungsi flash bisa digantikan oleh reflector, namun tidak semua orang memiliki dan bisa membawa alat tersebut. Nah, jadi agar praktis anda bisa menggunakan cara mengambil foto yang bagus yang satu ini agar hasil jepretan anda bisa maksimal.
Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengambil foto yang bagus yang bisa anda terapkan dalam membuat hasil jepretan terbaik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini Cara Mengambil Foto Yang Bagus

0 comments:

Post a Comment