Pentingnya Setting Kamera Sebelum Mulai Memotret

Saturday, March 12, 2016

Pentingnya Setting Kamera Sebelum Mulai Memotret


Pentingnya Setting Kamera Sebelum Mulai Memotret - Jika anda ingin memulai mengambil gambar atau ingin memotret atau menjepret objek anda harus memperhatikan hal penting sebelum memotret yaitu setting kamera supaya hasil gambar sesuai dengan anda inginkan. apakah anda pernah mengalami hal seperti ini misalkan anda menggunakan setingan white balance pada saat cuaca yang mendung dan pencahayaan kurang, sedangkan penerangan di dalam menggunakan lampu neon dan hal keliru lagi misalnya anda menggunakan ISO 1200, sedangkan acaranya dilakukan di siang dengan ISO 200 saja.

Pentingnya Setting Kamera Sebelum Mulai Memotret
Banyak sekali yang melakukan kesalahan yang snagat mendasar dan mebuat kita repot sendiri melakukan koreksi pada hasil gambar, misalkan harus banyak koreksi banyak foto kita jadi repot sendiri?. Dengan software kita bisa melakukan koreksi dengan lumayan cepat, tapi lebih enak jika baiknya kesalahan seperti ini bisa dihindari sejak awal atau sebelum mengambil gambar.

Di sini saya jelaksan beberap tips setting Kamera yang harus anda ketahui dan anda periksa sebelum menggunakan tombol shutter dalam melakukan pemotretan:

1. Pertama, Atur Settingan White Balance Kamera

Pastikan anda mengatur settingan white balance di kamera anda dengan menyesuiakan setingan dengan suasananya misal siang atau malam, terus setting white balance dalam posisi auto. jika anda kurang jelas tentang itu bisa anda cai artikel yang membahas tentang white balance.

2. Kedua, Persika Setting ISO Kamera

Sebelum anda menjepret gambar adan harus terlebih dahulu mengatur Settingan ISO dan menentukan sesuai tidak kah sensor kamera terhadap cahaya, se makin tinggi angkannya maka akan semakin peka. Misalnya malam tadi anda anda memotret acara pesta ulang tahun suadara di rumah, pastinya ISO yang akan di pake itu berbeda dengan setting ISO pada saat memotret pesta ulang tahun di halama rumah.

3. Ketiga, Atur Highlight Warning Kamera 

untuk tips yang ketiga ini yaitu tentang menghidupkan Highlight Warning Kamera yaitu penanda yang akan muncul di layar LCD di kamera pada saat ada bagian gambar foto yang terbakar atau overexposed. tips ini sangat berguna untuk menghindari foto overexposure dan juga bisa memeriksa histogram LCD di kamera digital.

4. Keempat, Periksa lah Format Foto dan Size Kamera

Sebelum memulai mengabil gambar atau menjpret sebuah objek foto sebaiknya terlebih dahulu mengatur Ukuran dan Format foto memilih JPG atau RAW penting dipertimbangkan sebelum sesi foto, agar hasilnya lebih maksimal dan sesuai dengan keinginan anda, sesuiakan dengan suasana objek jika ingin mengatur Format dan Ukuran foto.

5. Kelima, Atur Settingan Mode Exposure Pada Kamera

Hal terkhir yaitu pada kamera SLR maupun pocket, pastinya tersedia beberapa pilihan pada mode eksposur yang anda akan pilih: Manual – Aperture Priority – Shutter Priority – Mode Program dan beberapa preset default kamera digital. Pastikan kamu sudah tahu tentang mode mana yang akan anda pilih sebelum memotret.

Inilah beberapa tips dan trick sebelum anda memulai untuk memotret agar hasil potretan anda tidak perlu di koreksi lagi, maka di perlukan settingan yang tepat sebelum mulai melsesi mengambil gambar dengan kamera.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pentingnya Setting Kamera Sebelum Mulai Memotret

0 comments:

Post a Comment