Pengertian kamera digital slr

Sunday, March 27, 2016

Pengertian kamera digital slr


Pengertian kamera digital SLR

Pengertian kamera digital SLR, untuk lebih memahami pembelajaran fotografi untuk pemula setidaknya Anda harus memahami dan mengerti tentang pengertian dasar dari kamera digital SLR. Digital SLR (DSLR) memiliki arti yang sama dalam dunia fotografi yaitu sebuah kamera digital dengan sistem cermin yang otomatis dan juga pentaprisma-pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke  jendela bidik (viewfinder).

Lalu apa yang dimaksud dengan Pentaprisma, Pentamirror dan juga viewfinder ini ?

Pengertian kamera digital SLRAnda mungkin asing dengan sebutan ini, akan tetapi akan sangat mudah apabila kalian memperhatikan penjelasannya sebagai berikut :

Pentaprisma

pentaprisma atau pentamirror adalah sebuah perangkat optik yang digunakan dalam sistem jendela bidik (viewfinder) yang berdiri dari berbagai macam kamera single-lens reflex.Alih-alih blok padat kaca prisma dalam sistem pentaprism, di sini 3 cermin yang digunakan untuk melakukan tugas yang sama. Ini lebih murah dan lebih ringan, tetapi umumnya menghasilkan gambar jendela bidik kualitas yang lebih rendah dan kecerahan. Perangkat optik ini sering (lebih tepatnya) disebut sebagai atap pentamirror karena punggungan yang seperti atap.

Pengertian kamera digital SLR
Sebuah pentamirror atap mengandung 3 cermin.|document : wikipedia


Cara kerja Kamera Digital SLR

Cara kerja kamera digital DSLR adalah bertujuan untuk melihat suatu object, misalnya cermin yang memantulkan cahaya yang berasal dari lensa lalu menuju keatas dengan besar sudut sekitar 90 derajat. lalu kemudian cahaya tersebut dipantulkan oleh pentaprism ke mata fotografer. maka selama dari proses pengambilan object / foto, cermin akan bergerak dengan membuka keatas dan daimaping itu jendela rana akan membuka sehingga memungkinkan lensa untuk memproyeksikan cahaya menuju ke arah sensor.

Baca Juga :  Perbandingan Kamera DSLR Canon dan Nikon

Cara mengetahui Kamera DSLR dan perbedaanya

Cara mengetahui Kamera DSLR dan perbedaanya dapat kita lakukan dengan melihat desain pada pantulan cahaya secara mendasar antara DSLR dengan kamera digital pada umumnya. sensor pada kamera digital umumnya berfungsi untuk menangkap cahaya dan juga gambar, sedangkan pada lensa akan meneruskannya ke Liquid Crystal Display (LCD) atau yang disebut sebagai elektronik viewfinder. 

Sedangkan untuk kamera DSLR gambar yang diperoleh akan ditampilkan pada optical viewfinder, yang merupakan hasul dari pengcahayaan yang dipantul melalui cermin dan juga pentaprism. untuk hal ini pada kamera biasa sensor akan secara terus menerus menampilkan gambar ke LCD atau bisa juga menampilkannya di elektronik viewfinder. Sedangkan pada DSLR sensor akan bekerja hanya pada saat pengambilan foto atau gambar saja. 

Seiring berkembangnya zaman  live preview DSLR sudah mendukung setiap penggunanya melihat objek foto melalui LCD, walaupun dengan beberapa batasan-batasan yang Anda.

Karakter utama pada kamera digital SLR

Tidak hanya manusia yang memiliki karakter, kamera digital SLR juga memiliki beberapa karakter  yang diantaranya, sbb :
1. Apa yang kita lihat adalah apa yang lensa lihat.
2. Lensa dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan
3. Biasanya memiliki ukuran sensor yang besar yang akan menghasilkan gambar lebih baik.
4. Jeda waktu jauh lebih singkat dibandingkan kamera biasa.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian kamera digital slr

0 comments:

Post a Comment