Tips Memotret Dengan Cahaya Alami di Outdoor

Wednesday, March 23, 2016

Tips Memotret Dengan Cahaya Alami di Outdoor


Untuk artikel ini saya akan bahas bagaimana teknik memotret dengan cahaya alami, adalah teknik memotret di luar ruangan, sebetulnya butuh membutuhkan teknik berbeda saat melakukan pengambilan gambar dengan cayaha alami. saat ini banyak melakukan hunting foto di luar ruangan dengan konsep yang beragam, dan sangat berbeda. dalam memotret apapun di luar ruangan apalagi pada siang hari harus di perhatikan bebrapa hal.

Tips Memotret di Dengan Cahaya Alami di Outdoor
Tips Memotret Alami di Outdoor
Cahaya banyak lebih memudahkan kita untuk memotret objek dengan jelas, jika cahaya terlalu banyak tidak juga akan mendapatkan jasil gambar yang bagus juga, terutama pada saat memotret foto model atau memotret potrait bisa saja kita menghadapi banyak kendala dalam memotret di luar rungan atau out door.

Ada bebrapa kendala saat memotret objek di luar ruangan yaitu objek tidak terlihat natural. model atau objek gambar lainya akan akan terlihat silau membuat pencahayaan menjadi tidak merata. jika kita tidak mau memperhatikan tentang hal tips memotret di luar ruangan akan terdapat bayangan pada saat mengambil foto.

Untuk mendaptkan hasil yang baik anda perlu memperhatikan tips berikut ini dalam hal teknik memotret di suasana out door:

1. Perhatikan Pencahayaan di sekitar kita

Yaitu dengan memperhatikan karakter cahaya di sekitar kita melalukan pemotretan dan juga harus perhatikan kondisi cuaca apakah mendung atau terik matahari tinggi. jika cuaca tidak medukung sebaiknya pengambilan di tunda dulu.

2. Coba berbagai kondisi cahaya

Cobalah mengambil gambar dengan berbagai cahaya di sekitar kita dan ber experiment dengan berbagai cahaya, dan sesuaikan dengan kondisi cahaya yang anda sukai.

3. Perhatikan arah cahaya matahari 

Anda harus memperhatikan datangnya cahaya matahari perhatkan di mana arah datangnya, ketika memotret dengan menggunakan cahaya matahari pasti akan terjadi yang namanya backlight. apa itu backlight? yaitu terjadi ketika kita kita memotret berdadapan langsung dengan arah cahaya matahari yang datang langsung.

4.  Gunakan Flash

Kegunaan cahaya flash di saat memotret di luar ruangan dengan pencahyaan matahari fungsinya adalah untuk mengindari efek backlight di saat objek membelakangi cahaya matahari langsung maka ini fungsinya untuk mengurangi efek backlight.

5. Gunakan Reflektor Cahaya

Reflektor ini akan berguna pada saat memantulkan cahaya ke arah objek dan menerangi bagian yang terkena cahaya yang lebih tinggi, jadi akan meratakan cahaya pada objek yang akan kita foto.

6. Memotret di tempat teduh

Dengan memotret di tempat yang teduh kita bisa menghindari bayangan cahaya yang kuat, trick ini juga bisa membantu, dan usahakan pada saat memotret di tempat yang teduh pastikan cahaya cukup untuk memotret supaya hasil gambar tidak gelap karena kurang pencahayaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memotret Dengan Cahaya Alami di Outdoor

0 comments:

Post a Comment