Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan

Friday, July 24, 2015

Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan


Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan Selain membutuhkan kamera yang cuku mumpuni kita juga butuh skill bagaimana cara membidik yang tepat untuk menghasilkan gambar yang sangat sempurna, sesuai dengan tema kali ini kita akan membahas bagaimana cara menciptakan creatifitas dalam pemotretan, berikut jenis-jenis teknik pemotretan

1. Teknik Foto Bulb

Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan

Didalam kamera terdapat fasilitas bulb yang memberikan keleluasaan dalam menentukan berapa lama rana dibuka untuk prosesnya. manfaat Blub bila memotret pada kondisi cahaya yang minim (pada malam hari), dan prioritas speed tidak dapat lagi mendapatkan pencahayaan yang normal maka fasilitas bulb pada kamera akan sangat membantu dalam pencahayaan. agar terhindar dari goncangan,untuk teknik ini tripod dan kabel release sangat dibutuhkan 


2. Teknik Foto Zooming

Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan


Zooming merupakan pemotretan yang kreatif dengan memanfaatkan fasilitas ring zoom pada lensa kamera. Zoom in adalah membuat gambar objeck terlihat lebih mendekat sedangkan zoom out sebaliknya membuat gambar pada objeck terlihat lebih menjauh. Dibutuhkan pengaturan speed dan penggunaan zoom yang tepat, akan membuat efek motion (gerak) pada hasil gambar. Peralatan yang dibutuhkan tentunya Kamera, Tripod (supaya saat pengambilan gambar lebih setabil dan baik) dan Filter Radial Zoom (jika diperlukan)

Caranya
 Dalam pemotret zooming kita membutuhkan speed yang lambat, jadi untuk menghasilkan gambar yang baik pastikan speed pada kamera kita dalam setting speed lambat dan pastikan juga objek dalam keadaan fokus.

Setelah kita menentukan speed, selanjutnnya  mengatur diafragma menyesuaikan speed tujuannya agar mendapat pencahayaan yang normal. Jepret shutter bersamaan dengan memutar ring zoom,  ada dua jenis style pada teori ini  yang pertama jika kita memutar ring zoom dari jauh kedekat itu disbut zoom in, sebaliknya jika ring zoom diputar dari dekat ke jauh itu disebut zoom out

3. Teknik Foto Panning

Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan

Teknik pemotretan pada obyek yang keadaanya tidak diam (balap sepeda, Lomba Kuda, dll). Hasil dari teknik panning ialah adanya efek gerak (motion) pada latar belakang (background). Perlengkapan yang di butuhkan yaitu Kamera dan Tripod.
Caranya cukup mudah, caranya seperti memotret zooming yang membutuhkan speed yang cukup lambat agar terlihat efek gerak pada gambar,kemudian aturlah diafragma supaya mendapat pencahayaan yang normal, kemudian pencet shutter  bersamaan dengan mengarahkan kamera mengikuti pada objeck, biala ingin hasil pemotretan maximal maka usahakanlah memencet shutter ketika objeckt tepat di tengah kamera.



4. Double/Multi Ekspose

Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan

trik pemotretan  ini menggunakan kombinasi beberapa perekaman gambar dalam satu bingkai frame. trik Double/Multi Ekspose membutuhkan ide, kreatifitas, konsep dan pemahaman komposisi serta pencahayaan situasi. Peralatan yang di butuhkan hanya Kamera dan Filter Multi Ekspose.

Caranya Pastikan objeck yang akan kita potret dalam kondisi pencahayaan yang normal atau atur speed dan diafragamnya, pertama pencet tombol shutter untuk merekam objeck 1, begitu pula dengan objeck ke2, 3, dan seterusnya,putarlah tombol multi ekspose terlebih dahulu kemudian putar kokang, trus pencet shutter dan seterusnya, agar hasil maximal kuncinya kita harus sudah memiliki konsep, kreativitas dan ide.


5.  Teknik Foto Makro

Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan

Makro merupakan kreatifitas dalam melakukan pemotretan secara close up atau dekat kepada objeck yang di inginkannya yang bertujuan untuk mendaptkan detail dan tekstur pada objeck tersebut, dalam pemotretan makro menjadikan ruang tajam menjadi lebih terlihat sempit dan untuk mendapatkan hasil yang baik dibutuhkan ketepatan dalam pencahayaan dan focusing, tentunya juga di bantu dengan perlengkapan yang memadai seperti Kamera, Lensa Makro (jika ada) atau Filter Close up.



Caranya Pastikan kamera kita dalam keadaan setting speed bulb. Setingan diafragma terserah sesuai dengan selera. ada dua efek diafragma bila bukaan diafragma lebar maka efek dari sumber cahaya akan bulat. akan tetapi Jika bukaan diafragma sempit maka efek dari sumber cahaya akan berbentuk seperti bintang. Untuk lamanya rana membuka speed terserah sesuai keinginan.

Sebenarnya masih ada banyak model atau jenis metode tips pemotretan, tapi segitu saja dulu, insallah kalo ada waktu luang akan di tambah lagi deh tipsnya. Bila ada pertanyaan dan saran mengenai tips pemotretan atau lainnya silahkan beri komentar di bawah sini, jika ada waktu luang kami akan sesegera mungkin berusaha menjawab dan menanggapi komentar anda sekian terimakasih atas unjungannya J




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Metode kreatif Dalam Pemotretan

0 comments:

Post a Comment