Teknik Dasar Fotografi Jenis-Jenis Foto

Thursday, July 23, 2015

Teknik Dasar Fotografi Jenis-Jenis Foto


Teknik Dasar Fotografi Jenis-Jenis Foto Meniciptakan Sebuah karya foto yang berkualitas itu tidak hanya mampu memotret sebuah objeck lalu menkan tombol shutter pada kamera, akan tetapi untuk mendapatkan hasil kreatifitas yang memiliki seni kita harus memahami teknis pencahayaan, ketajaman, komposisi yang tepat dan yang tidak kalah penting kita juga harus memiliki ide tentang konsep apa yang akan gunakan.

Teknik Dasar Fotografi Jenis-Jenis Foto

Sebenarnya materi ini di bahas bertujuan untuk mempermudah kita mempelajari pengelompokan jenis-jenis foto dalam fotografi secara garis besar, bukan ilmu paten yang bisa di anggap sebagai acuan dalam sebuah karya seni foto.

1. Foto Nature
Sesuai dengan Nature judul foto karya yang akan di hasilkan bertema benda dan makhluk hidup (alam) kita bisa memotret hewan, tumbuhan, pemandangan, pegunungan dan lainnya yang mengandung unsur alam

Foto Fauna
Foto Fauna adalah jenis pengambilan gamabr yang berungsur kepada hewan sebagai objeck utama, baisanya yang menjadi daya tarik parafotografer adalah interaksi dan aktifitasnya.

Foto Flora
Bila Fauna objeck utamanya hewan atau binatang, berbeda dengan flora, flora adalah pemotretan kepada tumbuhan atau tanaman sebagi objeck utama, daya tarik fotografer flora ini biasanya karena keanekaragaman dan keindahaan bentuk dan warnanya

Foto Lendscape
Foto Landscape merupakan karya pemotretan terhadap keindahan bentangan alam seperti pegunungan, padang, lautan dan menjadikan unsur manusia, hewan dan tumbuhan sebagai pendukung dalam karya ini, yang menjadi tujuan utama keberhasilan foto lanskap adlah ekspresi dan cuaca yang memiliki nilai seni.

2. Foto Manusia
Tema pada karya seni ini yang menjadi obyek utamanya adalah manusia, Laki-laki dan perempuan, dari yang tua sampai yang muda, anak-anak ataupun orang tua, yang menjadi unsur utama dalam seni pemotretan ini adalah  manusia, daya tarik yang bisa kita dapat dari foto manusia adalah ekspresi dan kondisi mereka yang indah untuk kita fisualisasikan. jenis foto ini dibagi kembali menjadi beberapa kategori yaitu:

Foto Portrait
Foto Portrait adalah foto yang menunjukkan karakter atau ekspresi sesorang dalam kesehariannya. dengan karakter yang berbeda-beda akan memberikan image tersendiri dalam membuat karya seni portrait. Tantangan dalam membuatannya dapat menangkap ekspresi obyek seperti mimic, tatapan, kerut wajah, senyuman dan lainnya  yang mampu memberikan kesan emosional.

Foto Sport
Foto Sport atau olahraga amerupakan jenis pemotretan yang menangkap aksi menarik dalam pertandingan olah raga seperti ketika Ronaldo menceak goal dan jenis lainnya. Untuk mendapatkan foto ini kita membutuhkan skill kecepatan dan kecermatan fotografer dalam menangkap momen terbaik.

Foto Human Interest
Foto Human Interest merupakan salah satu karya fotografi dalam mengilustrasikan kehidupan manusia atau interaksi manusia dalam kehidupan sehari-hari, bisa juga menampilkan ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dengan kegembiraan dan masalah kehidupannya, yang mana bila pengambilan moment itu sempurna akan membawa penikmat foto mimiliki rasa simpati dan kekaguman karena melihatnya.

Foto Stage Photography
Foto Stage Photography adalah semua foto yang menunjukan aktivitas gaya hidup manusia yang merupakan bagian dari budaya hidup yang lebih dekat pada dunia entertainment yang bertujuan untuk dieksploitasi dan menarik untuk divisualisasikan.

3. Foto Arsitektur
Foto Arsitektur adalah kayra yang menunjukan keindahan suatu bangunan baik dari segi konstruksi, sejarah, budaya, dan desainnya. Memotret bentuk bangunan dari berbagai sisi untuk menemukan nilai keindahannya  dalam membuat foto bernilai seni tinggi.

Foto Still Life
Untuk menciptakan karya seni fotografi ini terlihat agak sulit karena kita harus berusaha keras mengambil sebuah gambar dari benda atau obyek mati dan membuatnya terkesan hidup dan memberikapan pesan ekspresif dan komunikatif yang akan di sampaikan bagi para penikmatnya. seni ini merupakan salah satu karya sulit karena harus melatih kreatifitas dan imajenasi

Foto jurnalistik
Jenis foto ini yang biasa di gunakan untuk media masa sebagai penyampai suatu informasi kepada masyarakat umum yang mengilustrasikan sebuah pesan yang berkaitan dengan foto jurnalistik tersebut, kita dapat dengan mudah menemukan jenis foto ini di majalah, koran, nuletin, blog dan lain-lain.


Bila ada pertanyaan dan saran mengenai tips dan trik fotografer silahkan beri komentar di bawah sini, jika ada waktu luang kami akan sesegera mungkin berusaha menjawab dan menanggapi komentar anda sekian terimakasih atas unjungannya J

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Teknik Dasar Fotografi Jenis-Jenis Foto

0 comments:

Post a Comment